INTEGRASI ZAKAT DAN PAJAK DI INDONESIA DALAM TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

Masnun Tahir

Abstract


Abstract: The Integration of Zakat and Taxation in Indonesia in the Views of Positive Law and Islamic Law. This paper propose a concept of integration between taxes and zakat to accelerate the achievement of social welfare in Indonesia. The integration is important as the growth of zakat steadily increases from time to time which is marked by the increasing number of Amil Zakat and alms acquisition from year to year. At the same time, the development of wealth and the service quality of obligatory zakat distributions, including utilization, is also increases progressively. Undoubtly, with this significant growth, charity, like the tax, can be utilized as a tool to achieve social walfare as well as to improve the economy of Indonesia.

 Abstrak: Integrasi Zakat dan Pajak di Indonesia Dalam Tinjuan Hukum Positif dan Hukum Islam. Tulisan ini menawarkan konsep integrasi pajak dan zakat sebagai bentuk semangat baru dalam meningkatkan zakat dan pajak di Indonesia. Integrasi zakat dan pajak penting untuk diupayakan karena pertumbuhan zakat semakin meningkat dari waktu ke waktu yang ditandai dengan makin meningkatnya jumlah Badan Amil Zakat dan nomor akuisisi sedekah dari tahun ke tahun. Selain dari itu, perkembangan kekayaan serta kualiatas pelayanan pengembangan distribusi zakat wajib, termasuk pemanfaatannya, menunjukkan trend yang terus meningkat secara progresif. Dengan pertumbuhan yang signifikan ini, zakat dapat menjadi alat walfare ekonomi dan sosial bagi umat dan kedudukannya sama penting dengan pajak penghasilan negara. Pajak dan zakat, bilamana diintegrasikan dalam suatu konsep dan aturan hukum yang jelas, diyakini dapat memajukan perekonomian Indonesia.


Keywords


zakat; pajak; hukum Islam; hukum positif

Full Text:

PDF

References


Cahyo Budi Santoso, Gerakan Zakat Indonesia, dalam http: //dsniamanah.or.id/web/content/view/105/1/ diakses pada 25 Juni 2010.

Daud Ali, Muhammad, Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1999.

Effendy, Bahtiar, Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia, Jakarta: Paramadina, 1998

Fakhruddin, Fikih dan Manajemen Zakat, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Hafidhuddin, Didin, Zakat dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

_____, Sinergi Zakat dengan Pajak dalam Menyejahterakan Umat, Makalah pada Seminar di Dirjen Pajak, Jakarta 19 Agustus 2011.

Klein, Kim, Fundraising for Social Change, Fourth Edition, Oakland California: Chardon Press, 2001.

Mas’udi, Masdar Farid, Pajak itu Zakat Uang Allah untuk Kemaslahatan Rakyat, Bandung: Mizan Media Utama, 2010.

_____, Agama Keadilan Risalah Zakat (Pajak) dalam Islam, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1991.

Mursyidi, Akuntansi Zakat Kontemporer, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

Muhammad, Zakat Profesi: Wacana Pemikiran dalam Fiqih Kontemporer, Jakarta: Salemba Diniyah, 2002.

Mhd. Ali, Nurudin, Zakat Sebagai Instrumen dalam Kebijakan Fiskal, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Qaradhawi, al-, Yûsuf, Hukum Zakat, Jakarta: Litera Antarnusa, 2001.

Ramulyo, Muhammad Idris, Asas-asas Hukum Islam: Sejarah Timbul dan Berkembangnya Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 1995.

Salim, M. Arskal, Challenging the Secular State, the Islamization of Law in Modern Indonesia, Honolulu: University of Hawai Press, 2008.

Supena, Ilyas, dan Darmuin, Manajemen Zakat, Semarang: Walisongo Press, 2009.

Syafei, Ermi Suhasti, Mengoptimalkan Potensi Zakat, dalam Prosiding Simposium Nasional Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII, 2002.

Triyuwono, Iwan, Organisasi dan Akuntansi Syari’ah, Yogyakarta: LKiS, 2000.

Mudzhar, M. Atho, Esai-esai Sejarah Sosial Hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

www.Pajakonline.com/engine/learning diakses pada 7 Desember 2012.

Wahid, Abdurrahman, Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta: The Wahid Institute, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v12i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 AL-'ADALAH

Creative Commons License

Al-'Adalah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.