ASAL USUL KOSMOS MENURUT PAUL DAVIES (Menelusuri Ayat-ayat Allah Pada Hamparan Alam)

Himyari Yusuf

Abstract


Asal mula kejadian alam sudah lama menjadi objek kajian para pemikir, khususnya para filosof alam. Kajian semacam ini sudah berlangsung semenjak zaman Yunani kuno, semisal Thales, Anaximandros, Anaximenes dan seterusnya. Secara faktual kajian tentang asal kejadian alam tersebut masih tetap berlangsung hingga dewasa ini, walaupun dalam format yang berbeda. Namun fakta menunjukkan bahwa kajian tersebut belum menunjukkan hasil yang dapat diterima oleh semua kalangan, apalagi fokus kajiannya kebanyakan hanya terpusat pada hal-hal yang bersifat material kebendaan, sehingga berimplikasi kurang baik bagi kehidupan manusia.              

Kajian ini difokuskan pada asal kejadian alam dalam pokok pikiran Paul Davis. Pemikiran tokoh ini sangat unik dan menarik, karena secara esensial ada relevansinya dengan asal kejadian alam dalam Islam. Oleh karena itu masalahnya bagaimana pokok pikiran Paul Davis tentang asal kejadian alam dan adakah relevansinya dengan Islam. Kajian ini termasuk kajian filsafat, maka akan menggunakan pendekatan kefilsafatan.

Setelah merunut berbagai pokok pemikiran Paul Davis tentang asal kejadian alam, maka ditemukan beberapa hal yang ada relevansinya dengan Islam. Oleh karena itu secara reflektif dan kontemplatif dapat dikatakan bahwa pemikiran Paul Davis tentang asal kejadian alam merupakan bagian dari penjelasan ayat-ayat Tuhan yang terhampar, yang harus digali dan dipahami secara berkesinambungan agar dapat berimplikasi positif bagi manusia.

 

Kata Kunci : Asal mula kejadian alam, Dentuman Besar, Hamparan alam dan kehidupan manusia.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andi Hakim Nasution, Filsafat Sains, Suatu Pengantar, Lantera Ilmu, Yogyakarta, 1999.

Anton Bakker, Kosmologi Ekologi Filsafat Tentang Kosmos, Sebagai Rumah Tangga Manusia, Kanisius, Yogyakarta, 1995.

Bahaudin Mudhary, Mencermati Hakikat Diri Sebuah Kajian Metafisika, Pustaka Progresif, Surabaya, 1994.

Delfgaauw, Beknopte Gehiedenis der Wijsbegeerte, Terjemahan Soejono Soemargono, Sejarah Ringkas Filsafat Baarat, Tiarawacana, Yogyakarta, 1992.

Diane Collinson, Fifty Major Philosophers, diterjemah oleh Ilzamuddin Makmur dan Mufti Ali, Lima puluh Filosof Dunia Yang Menggerakkan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.

Harun Hadiwijono, Sari Sejarah Filsafat Barat 2, Kanisius, Yogyakarta, 1990.

Himyari Yusuf, Teologi Naturalisme Dalam Perspektif Islam, Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, 1995.

Joko Siswanto, Sistem-Sistem Metafisika Barat dari Aristoteles sampai Derrida, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998.

Kattsoff, Elements of Philosophy, terjemahan Soejono Soemargono, Persoalan-persoalan Filsafat, Tiarawacana, Yogyakarta, 1992.

Loren Bagus, Kamus Filsafat, Gramedia, Jakarta, 2000.

Paul Davies, The Mind of God The Scientific Basis for a Rasional World, Terjemahan Hamzah, Menbaca Pikiran Tuhan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001.

------------ , God & The New Physics, Terjemahan Hamzah, Mencari Tuhan Dengan Fisika Baru, Nuansa, Bandung, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'an dan Al-Hadits

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.