Sosialisasi cara pembuatan jamu dalam meningkatkan daya tahan tubuh

Yunia Nur Fatonah, Jimi Harianto

Abstract


Program pengabdian kepaa masyarakat dalam bentuk sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar kerjasama mahasiswa KKN-DR UIN Raden Intan Lampung dengan masyarakat pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung untuk memberikan sosialisasi kepada masayarakat pekon tersebut mengenai pembuatan jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Metode yang dilakukan adalah kualitatif, dengan sampel warga pekon Margoyoso. Tujuan pengabdian ini ialah untuk meningkatkan kesadaran akan mengkonsumsi sesuatu yang alami dalam pemenuhan kesehatan terutama peningkatan daya tahan tubuh. Hasilnya, masyarakat PekonMargoyoso memahami dan mengerti proses pembuatan dan bahan yang digunakan serta manfaat yang terkandung didalam produk jamu tersebut.Dengan mengupayakan pemanfaatan tanaman obat dalam pemenuhan kebutuhan daya tahan tubuh masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan pada saat melakukan kegiatan penyuluhan door to door dengan cara memberikan arahan dan memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya pekon Margoyoso tentang cara pembuatan jamu serta manfaat dan bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Kata Kunci : sosialisasi, jamu, daya tahan tubuh

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Ahwan. 2021. “Penyuluhan Pembuatan Jamu Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas Masyarakat Di Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang.”

Apriningrum, Nelly, Eka Andriani, Oon Sopiah, and Sri Rahayu. 2021. “SUKSESKAN GERAKAN MASYARAKAT” 2 (1).

Indon, Gizi, Abstrak Zat, Spesies Oksigen Reaktif, and Spesies Nitrogen Reaktif. 2013. “1 1 , 2 , 1” 36 (1): 57–64.

Latifah, Sri Wahjuni. 2016. “Ibm Usaha Jamu Tradisional Pada Kelompok PKK Sekarpuro Kabupaten Malang” 02 (01): 55–60.

Prihandiwati, Erna. 2021. “No Title” 1 (April): 33–37.

Putu, Luh, and Ananda Saraswati. 2020. “Pemanfaatan Tanaman Biofarmaka Sebagai Bahan Jamu Serbuk Untuk Meningkatkan Imun Tubuh,” 1117–21.

Satriawan, Anindita Maya Prameswari dan Dedi. 2020. “Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Melalui Perilaku Hidup Bersih Di Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan” 1 (2).

Sosialisasi, Paradigma, D A N Kontribusinya, Terhadap Pengembangan, and Jiwa Beragama. n.d. “Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak” 11 (1): 65–79.

Ung, F O K. 2020. “KEKEBALAN TUBUH UNTUK MENCEGAH PENYAKIT COVID-19 Analysis of Clinical Symptoms and Immune Enhancement to Prevent COVID-19 Disease” 2 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v3i1.10805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395