Every word matters: membangun school branding melalui pelatihan digital marketing

Dian Puspita, Berlintina Permatasari, Langgeng Prasetyo Prasetyo, Dian Puspita, Syukron Ahmad

Abstract


Tantangan yang dihadapi oleh sekolah swasta di masa pandemi dan juga pascapendemi adalah kurangnya jumlah siswa. Kurang efektifnya moda promosi yang dilakukan oleh sekolah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut. Salah satu sekolah yang mengalami kendala ini adalah SMK Penerbangan Lampung. Oleh karena itu, Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di sekolah ini untuk memberikan pelatihan digital marketing kepada para guru dan mahasiswa. Pelatihan dilakukan dengan melakukan loka karya penggunaan sosial media dan penulisan caption sebagai narasi promosi. Melalui pelatihan ini diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai digital marketing. Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif tidak hanya terhadap pengetahuan tetapi juga keterampilan para guru dan siswa dalam memanfaatkan social media sebagai media promosi.


Keywords


digital marketing, konten sosial media, promosi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, G. et al. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. 1(2), pp. 88–92.

Akmalia, A., Danupranata, G. and Iswanti, L. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Penguatan Branding Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Gumilang, R.R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industry. COOPETITION: Jurnal Ilmiah Manajemen. 10 (1).

Hapsoro, B.B., Palupiningdyah and Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal ABDIMAS Universitas Negeri Semarang. 23(2), pp. 117-120

Irawati, Dahlia. Sekolah-sekolah Swasta Mulai Bangkrut. Sumber: www.nasional. kompas. com. Dipublikasi 17 Juli 2008

Jasmani, J., Maduningtias, L. and Irmal, I. (2019). Pelatihan dan Penguasaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Para Remaja di Lingkungan Benda Timur IV. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. 2(1), pp. 65–68.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Iman Taufi). Bandung: PT. Remaja Posdakarya.

Munarsih, M. et al. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. 3(1), pp. 22–28.

Purnamasari, Y. and Veronika, S. (2020). Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA. 12(01), pp. 33–41.

Puspita, D., Mandasari, B., & Sari, K. (2021). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Soal Berbasis Hots Pada Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Kotagajah. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 048-055.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Cakrawala 10(2), pp. 107 – 112.

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294.

Suprayogi, S., Samanik, S., & Chaniago, E. P. (2021). Penerapan Teknik Mind Mapping, Impersonating dan Questionning dalam Pembelajaran Pidato di SMAN 1 Semaka. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 33-40.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat. 1(2), pp. 36–50.

Syafitri, W. and Costaner, L. (2019). Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1), pp. 158–166.

Syifa, Y.I. et al. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 2(1), pp. 6–13.

Urmila Dewi, M.H. et al. (2018). Penerapan Digital Marketing dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). p. 19. doi:10.30999/jpkm.v8i2.234.

Wijoyo, H. et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). IKRA-ITH ABDIMAS. 3(3), pp. 169–175.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v3i1.12395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395