Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) serta Pentingnya Menjaga Kesehatan Diri dan Kebersihan Lingkungan pada Anak-anak

Tiara Rica Dayani, Hervin Yoki Pradikta, Aulia Rizkiana

Abstract


Kegiatan penyuluhan ini dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat karena masih kurangnya edukasi terhadap anak-anak terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta masih minimnya pemahaman anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang kelas dan area sekitar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muttaqin yang berada di Desa Negara Bumi, Kecamatan Sungkai Tengah, Kabupaten Lampung Utara. Metode yang dilakukan adalah dengan cara memberikan penyuluhan kepada para murid (anak-anak) Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muttaqin dengan peserta berjumlah 20 orang. Tujuan diadakannya kegiatan penyuluhan ini adalah untuk mengedukasi peserta bahwa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjaga kesehatan diri dan lngkungan itu sangat penting untuk diketahui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasilnya, para peserta (anak-anak) Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muttaqin sudah mengetahui dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mampu menjaga kesehatan diri dan lingkungannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Perilaku Hidup Sehat, Kebersihan, Kesehatan, Lingkungan, Anak-anak

Full Text:

PDF

References


A.R Koem, Zitty dkk. “Hubungan Anatara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(PHBS) Pada Pelajar Di SD INPRES Sukur Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara.“ Jurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT, Vol. 4, No. 4, (2015).

Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Prilaku Hidup Bersih Sehat, 2018. Lihat https://promkes.kemkes.go.id/perilaku-hidup-bersih-sehat.

Gustina, Erni dkk. “Peningkatan perilaku sehat pada siswa sekolah dasar melalui PHBS di Desa Gondanglegi dan Pucangan, Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen”, Jurnal Pemberdayaan, Vol. 2, No.1, (2018).

Maryunani, Anik. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: CV. Trans Info Media, 2018.

Wahyu Nur Indah dan Mulyadi. “Perilaku Hidup Berdih dan Sehat pada Anak Usia Sekolah Dasar” Jurnal The Joer: Journal of Education Research, Vol.1 No.1, (2021).

Peraturan Menteri Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 2269/Menkes/Per/ XI/2011.

Rima Trianingsih. “Pengantar Karakter Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar” Jurnal Al-Ibtida 3, Vol. 2, No. 3, (2016).

Nabila Framesti, “Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Sekolah Dasar”, Jurnal Pancar, Vol. 6, No. 1, (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v3i2.13528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395