PEMANFAATAN JAGUNG (Zea Mays) SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN KERIPIK JAGUNG UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA PANCA TUNGGAL

Nur Hidayah, Ade Nur Istiani, Anggun Septiani

Abstract


Jagung merupakan salah satu komoditas yang biasa diolah mejadi makanan yang beraneka ragam salah satunya adalah keripik jagung. Walaupun keripik jagung telah lama dikenal, namun distribusi pemasarannya masih dalam skala lokal akibatnya keripik jagung kurang begitu dikenal oleh masyarakat. Masih jarang masyarakat yang memanfaatkan jagung untuk diolah menjadi keripik. Umumnya jagung diolah menjadi pop corn, tepung, dan lainnya untuk kebutuhan pakan ternak. Di dusun Panca Tunggal 2 ini potensi pertanian banyak menanam jagung. Berdasarkan hal tersebut, kami tertarik untuk  mengembangkan keripik jagung menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang sehat ditengah maraknya makanan ringan yang disinyalir banyak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan. Jagung mempunyai nilai karbohidrat yang tinggi juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Terdapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat terhadap pengolahan jagung menjadi keripik jagung yang dilaksanakan. Sangat diharapkan masyarakat desa Panca Tunggal  dapat melanjutkan usaha kerikik jagung yang telah dilakukan sebelumnya dan diharapkan juga distribusi keripik jagung ini dapat semakin meluas sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

References


Buku panduan. 2019,Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid Dan Posdaya UIN Raden Intan, Lampung: LP2M.

Djumali, Z., dkk. 1982. Teknologi Kerupuk. Buku Pegangan Petugas Lapang Penyebarluasan Teknologi Sistem Padat Karya. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Johnson LA. 1991. Corn: Production, Processing and atilitation. Di dalam Lorenzo KJ, Kulp K, editor. Handboojk of Cereal Science and Technology. New York: Marcel Dekker Inc.

Koswara. 2009. Teknologi Pengolahan Jagung (Teori dan Praktek). E-Book. Diakses dari http: //Pangan.com/

Mangunwidjaja, D. (2003). Teknologi dan Diversifikasi Pengolahan Jagung. Bandar Lampung. Diakses dari http://iirc.ipb.ac.id/jspui/bitstream/ 123456789/40435/1/Pages% 20from%20modul3-2.pdf pada 26 September 2019.

Purwono dan Hartono, R. 2011. Bertanam Jagung Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rukmana, R., 2007. Bertanam Petsai dan Sawi. Yogyakarta: Kanisius.

Satiarini, B. 2006. Kajian Produksi dan Profitabilitas Pembuatan Susu Jagung. [Skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Suprapto, H.S. dan Rasyid, M.S. (2002). Bertanam Jagung. Jakarta: Penebar Swadaya.

Wahyudi, Marman. 2006. Proses Pembuatan dan Analisis Mutu Yoghurt. Jurnal Buletin Teknik Pertanian, Vol. 11 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v1i1.6181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395