PELATIHAN TOEFL ONLINE MELALUI MEDIA YOUTUBE UNTUK SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PURWOKERTO

Tri Pujiani, Khoirun Nisa, Muhammad Soali

Abstract


TOEFL adalah salah satu tes yang banyak digunakan di negara-negara yang bukan penutur asli Bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris mereka. Sertifikat TOEFL sangat penting untuk beberapa keperluan seperti syarat pengajuan beasiswa, mendaftar kuliah baik di dalam maupun di luar negeri, melamar kerja, syarat kenaikan jabatan, dan lain-lain. Mengingat pentingnya sertifikat tersebut, maka pengetahuan tentang TOEFL dan skor yang tinggi pun sangat diperlukan. Meskipun demikian, mendapatkan skor yang tinggi tidaklah mudah bagi semua orang. Setidaknya itu yang diungkapkan santri Pondok Pesantren Darussalam dalam wawancara personal. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah pemberian pelatihan TOEFL online melalui media YouTube mengingat keadaan sekarang ini dimana covid-19 telah mewabah di seluruh dunia dan semua warga dianjurkan untuk di rumah saja. Dari kegiatan pelatihan TOEFL yang dilaksanakan dari tanggal 10 September hingga 25 November 2020, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan yang sigfikan dalam score TOEFL para santri sebelum dan seduah kegiatan. Kedepannya diharapkan hasil dari pengabdian ini bisa menambah wawasan santri tentang tips dan trick untuk menaklukan TOEFL sehingga dapat meraih skor yang tinggi yang pada akhirnya dapat membuka peluang yang lebih luas bagi mereka.

Full Text:

PDF

References


Cho, Y., & Bridgeman, B. (2012). Relationship of TOEFL iBT® scores to academic performance: Some evidence from American universities. Language Testing. https://doi.org/10.1177/0265532211430368

Lee, D. Y., & Lehto, M. R. (2013). User acceptance of YouTube for procedural learning: An extension of the Technology Acceptance Model. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.001

Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N. I., & Kasem, N. (2018). Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube. International Journal of Management Education. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.001

Mulyani, H. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENUNJANG DALAM PEKULIAHAN ANGGARAN PERUSAHAAN DI PROGRAM STUDI

| Pelatihan TOEFL Online melalui Media Youtube untuk Santri Pondok Pesantren Darussalam Purwokerto

PENDIDIKAN AKUNTANSI. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN. https://doi.org/10.17509/jpak.v3i2.15437

Wait, I. W., & Gressel, J. W. (2009). Relationship between TOEFL score and academic success for international engineering students. Journal of Engineering Education. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2009.tb01035.x




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v1i2.8051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395