Pemanfaatan Limbah Kain Perca menjadi Produk yang Mempunyai Nilai Jual pada Ibu-ibu Rumah Tangga

Laras dwi Mulyani, Untung Nopriansyah, Ahmad Hazas Syarif, Eka Desy Susanti

Abstract


Kain perca yaitu kain sisa atau limbah dari konveksi, pabrik atau garmen yang memproduksi pakaian, sprei dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar kain. produksi pakaian yang dilakukan oleh para penjahit atau konveksi sebagai perusahaan pakaian jadi, menghasilkan banyak limbah kain yang bisa disebut kain perca. limbah kain merupakan salah satu jenis anorganik yang sulit diolah karena tidak dapat terurai dan tidak dapat di kompos, dan apabila dibakar akan menimbulkan asap dan gas beracun yang berbahaya bagi lingkungan dan sekitar. Melihat permasalahan tersebut, perlu adanya penanganan untuk meminimalisir adanya pencemaran lingkungan akibat limbah kain perca dengan memanfaatkannya menjadi produk yang memiliki nilai jual dan nilai estetika. Kegiatan pengabdian ini dilakukan bersama ibu-ibu muda di desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan untuk mendaur ulang limbah kain perca menjadi produk yang memiliki nilai jual dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari seperti konektor masker yang saat ini sedang banyak dibutuhkan terkhusus oleh wanita yang menggunakan hijab di masa pandemi Seperti sekarang ini. Metode dalam kegiatan ini yaitu observasi awal mengenai keadaan lingkungan desa Jatimulyo, penawaran solusi dan sosialisasi kegiatan kewirausahaan, Pelaksanaan kegiatan yang diawali dengan ceramah mengenai pentingnya pemanfaatan limbah kain perca, demonstrasi serta praktek pembuatan konektor masker. Tujuan dari kegiatan ini untuk membekali ibu-ibu Dalam pengelolaan limbah kain perca menjadi barang yang memiliki daya jual sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.


Keywords


Limbah Kain Perca, Konektor Masker

Full Text:

PDF

References


A’isah, Trias Nur Aisyah, & Desi Novitasari, 2012, ‘Kencana: Kerajinan Kain Perca Menjadi Line Art Sebagai Industri Kreatif Berpeluang Ekonomi’,Jurnal Pena, Vol.3, No.1, Hal 464.

Dari Mahasiswa Untuk Indonesia: Kewirausahaan Dan Inovasi Di Era Digital, Magelang: Unima Press, 2020.

Latar Muhammad Arief, Pengolahan Limbah Industri: Dasar-Dasar Pengetahuan Dan Aplikasi DI tempat Kerja, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

Nurheti Yuliarti, Rifki Aziz. Bisnis Menggiurkan Dari Kain Perca, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Opi Ardiani, 2021, Kenapa Saya Menggunakan Konektor Masker?, dilihat pada tanggal 30 Juli 2021,

Regigs Aprilia & Ratna Suhartini, ‘Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Pemasaran Kain Perca Sebagai Produk Kreatif’, e-Jurnal Vol. 09, No. 2, Edisi Yudisium, 2020 Hal. 137-147.

Sugiono. Metodelogi Penelitian. Bandung: IKAPI, 2018.

Sumiati, dkk, Bantal Kursi Unik Dari Sampah Plastik Kiriman, Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

UKMF Dycres 2019, Kompilasi Karya Ilmiah UKM-F Dycres 2019, Pekalongan: Penerbit NEM, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v2i2.9606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395