Memahami Konsep Pembentukan dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Agama Islam, Pakar Pendidikan, dan Negara

https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.10171

Nita Yuniarti, Siskandar Siskandar, Akhmad Shunhaji, Endan Suwandana

Abstract


Pendidikan karakter, khususnya pada anak usia dini, merupakan bagian terpenting dalam pembangunan karakter generasi muda bangsa. Namun diskursus mengenai definisi pendidikan karakter menurut negara dan menurut Agama Islam terkadang masih menjadi perbincangan akademis. Kajian ini bertujuan untuk menyajikan berbagai pandangan tentang pembentukan dan pendidikan karakter menurut perspektif agama Islam, pakar pendidikan, dan ketentuan yang berlaku di negara Indonesia. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka dengan melakukan konten analisis terhadap permasalahan yang dikaji. Hasil analisis menyimpulkan bahwa seluruh pendapat dari perspektif agama, pendapat para pakar pendidikan, dan ketentuan kebijakan yang diatur negara tidak ada yang bertentangan, bahkan saling menguatkan untuk diimplementasikan dalam mewujudkan masyarakat yang beriman dan sejahtera dengan akhlak yang mulia. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai universal sehingga peserta didik memiliki nilai dan karakter sebagai dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sosial, baik sebagai umat beragama yang religius maupun sebagai warga masyarakat yang nasionalis dan produktif. Penelitian ini memberikan kontribusi ilmiah bagi para pendidik khususnya dalam mendisain dan menerapkan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan sejak usia dini dengan menyelaraskan teori dan praktek dari sisi agama, pendapat ahli, dan negara. Karena sifatnya berupa kajian pustaka, kelemahan kajian ini tidak menggali informasi dari responden (pakar) dengan wawancara secara langsung


Keywords


pengembangan karakter anak; pendidikan moral; perkembangan usia dini

Full Text:

PDF

References


’Ulwan, A. N. (2018). Pendidikan Anak Dalam Islam (Penerjemah: Arif Rahman Hakim dari Tarbiyyatul Aulad fil Islam). Insan Kamil, Solo, 906p.

Ainiyah, N., & Wibawa, N. H. H. P. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(Nomor 1), 25–38.

Anwas, O. M. (2010). Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 256. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.517

Azhari, J. F. (2017). Kritik Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Subulana, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.47731/subulana.v1i1.7

BPS. (2018). Statistik Kriminal 2018. Badan Pusat Statistik, Jakarta, 186p.

Daniel K. Lapsley, & Narvaez, D. (2007). Character Education: Handbook of Child Psychology (pp. 248–289).

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Fernandes, A. (2019). Politik Identitas dalam Pemilu 2019 : Proyeksi dan Efektivitas. Centre For Strategic And International Studies, 1, 1–10.

Haboddin, M. (2012). Menguatnya Politik Identitas Di Ranah Lokal. Journal of Government and Politics, 3(1), 109–126. https://doi.org/10.18196/jgp.2012.0007

Haq, H. (2011). Pancasila 1 Juni dan Syariat Islam. RM Books, Jakarta, 237p. https://doi.org/10.31219/osf.io/5bc26

Katsir, I. (2018). Tafsir Ibnu Katsir Jilid VIII. Pustaka Imam Syafi’i, Bogor, 215p.

Lickona, T. (2017). Character Matters: Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas dan Kebbajikan Penting Lainnya (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zien dari Characters Matters: How to Help Our Children Deve. Bumi Aksara, Jakarta 376p.

Maarif, A. S. (2010). Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Indonesia. In Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Indonesia. Yayasan Abad Demokrasi, Jakarta, 135p.

Megawangi, R. (2016). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Indonesian Heritage Foundation, Depok, 223p.

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Rajawali Press, Jakarta, 341p.

Mukhibat, M. (2012). Reinventing nilai-nilai Islam, budaya, dan Pancasila dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 247–265. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.247-265

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara, Jakarta, 281p.

Muslich, M. (2015). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara, Jakarta, 240p.

Nasrudin, J. (2019). Politik Identitas dan Representasi Politik. 1, 34–47. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nata, A. H. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Raja Grafindo Persada, Jakarta 357p.

Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. In STAIN Press, Purwokerto. https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i1.3030

Nofiaturrahmah, F., Program, M., Uin, D., & Kalijaga, S. (2014). 118230-ID-metode-pendidikan-karakter-di-pesantren. XI(1), 201–216.

Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y dan Z. Psikologi Pendidikan, April, 66–75.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985

Pawitasari, E., Mujahidin, E., & Fattah, N. (2015). Pendidikan Karakter Bangsa dalam Perspektif Islam (Studi Kritis Terhadap Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan & Kebudayaan). Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v4i1.573

Q-Anees, B., & Soenandar, R. K. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Issue May). Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 164p.

Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang. E-Jurnal Widya Non-Eksakta, 1(1), 7–14.

Saifullah, I., & Ainissyifa, H. (2017). Memberdayakan Eksistensi Pesantren. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 11; N, 124–131.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 1–12.

Suharto, T., Assagaf, J., & Islam, S. (2013). Membendung Arus Paham Keagamaan Islam Radikal: Analisis Ideologi atas Materi Kurikulum dalam buku Muslim Integral. Cipta Media Aksara, Yogyakarta, 86p.

Sumadi, E. (2018). Anomali pendidikan karakter. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.846

Surachmad, W. (2003). Mengurai Benang Kusut Pendidikan. Pustaka Pelajar, Jakarta 210p.

Syahrul. (2018). “Kritik Ideologi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Demokrasi di Indonesia.” Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV, 58–67.

Tadjuddin, N. (2018a). Pendidikan Moral Anak Usia Dini dalam Pandangan Psikologi, Pedagogik, dan Agama. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 100–116.

Tadjuddin, N. (2018b). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi, Pedagogik, dan Agama. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 100–116. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3386

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2), 121–140. https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. November, 8–10.

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801

Wiryopranoto, S., M. S. Herlina, N., Marihandono, D., Tangkilisan B, Y., & Nasional, T. P. K. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 208p.

Yuslaini. (2018). Pendidikan Karakter di Indonesia: Dalam Konteks Pendidikan Islam. In Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/10.24090/insania.v16i3.1595

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 408p.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan : menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontektual dan futuristik. Budi Aksara, Jakarta, 268p.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.10171

Article Metrics

Abstract views : 202 | PDF downloads : 169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons LicenseAll publications by Al Athfaal [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.