Pengembangan Model Gerak dan Lagu Berbasis Budaya Lampung Untuk Guru PAUD Di Bandar Lampung

Prisma Tejapermana Tejapermana, Siti kurniasih, Yulistyas Dwi Asmira

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dan lagu berbasis budaya Lampung yang dapat digunakan guru PAUD untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Responden penelitian ini adalah 30 guru PAUD di Bandar Lampung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ASSURE: 1) Menganalisis kebutuhan, 2) Tujuan pembelajaran, 3) Memilih metode pembelajaran, media dan materi, 4) Memanfaatkan media dan materi, 5) Memerlukan partisipasi peserta didik, dan 6) Mengevaluasi dan merevisi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan gerak dan lagu berbasis budaya Lampung yang sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan anak. Hasil penelitian ini diperoleh suatu produk model pembelajaran gerak dan lagu berbasis budaya Lampung berupa buku panduan dan program pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Artika, I Ketut. 1990. Pendidikan Seni Tari. Singaraja: Depdikbud.

Beaty, Janice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education Preschool Through Primary Grade.

Brog. W. R dan Gall, M. D. 1983. Education Reasearch Anintroduction. New York: Longman.

Dewi, L. P. K., Manuaba, I. B. S., Fo, M., & Suadnyana, I. N. 2016. Penerapan Metode Bermain Peran Melalui Gerak dan Lagu Untuk Meningkakan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B di TK Laksana Kumara Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4 (1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/6782 diakses 12 Juni 2017 Pukul 20:44 WIB

Esten, Mursal. 1999. Kajian Transformasi Budaya. Bandung: Angkasa.

Kemendikbud RI. 2013. Modul Pelatihan dan Latihan Profesi Guru Taman Kanak- Kanak. Jakarta: BPSDMPK-PMP.

Latif, Mukhtar., et al. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Media Group.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 1989. Qualitatif Data Analysis: A Sourcebook of New Method. USA: Ninth Printing.

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Pamadhi, Hadjar. 2009. Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Paspiani, Ni Kadek Nelly. 2015. Kegiatan Latihan Gerak dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 4 No.1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12340 diakses 13 Juni 2017 Pukul 09.18 WIB.

Pekerti, Widia. 2013. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yetty, Elindra., & Siti Kurniasih. 2015. Play Dance Creation Efforts In Enhancing The Intelligence Interpersonal Early Childhood. Proceeding of The International Seminar On Languages and Art (ISLA)-4. Faculty of Language and Arts: Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.