MEMBANGUN MEDIA INTERAKTIF BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF DAN ANGKA

Beti Susilawati

Abstract


Metode pembelajaran mengalami perkembangan seiring dengang perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satu media yang mulai banyak digunakansaat ini yaitu penggunaan aplikasi visual seperti media pembelajaran berbasis dua dimensi. Media pembelajaran berbasis dua dimensi ini di bangun sebagaipelengkap dan pendukung metode belajar, diskusi informasi dan Tanya jawab. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkandalam rangka mencapai tujuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka yaitu metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Perangkat lunak yang digunakan dalam membangun media interaktif belajar ini adalah Sitem Operasi : Microsoft Windows Seven (7) Ulitimate dan  SoftwareAdobe Flash CS3 Professional. Hasil yang akan dicapai dari pembuatan media pembelajaran ini adalah bahwaanak-anak balita yang memainkan aplikasi ini dapat memahami tujuan suatumedia interaktif karena disajikan secara visual dengan gambar dan animasi sehingga proses dalam penyajian tidak membosankan dan lebih menyenangkan. Diharapkan dengan adanya desain media interaktif ini dapat memudahkan para orang tua agar sang buah hati belajar dengan senang hati tanpa paksaan tanpa diminta

Kata kunci : Media Interaktif, Anak Balita, Huruf, Angka


Full Text:

PDF

References


Adjie Seno, Macromeida flash Profesional 8, Jakarta: Dian Rakyat, 2006.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Condrywati, Muryantiningsih, Maryatun, Suryanti dan Partini, Mengenal Huruf (Berbahasa) TK B Semester 1, Jakarta: Erlangga. 2005

Ma’ruf, Farid, Ibuku Guruku (Metode Home Schooling Group, Alternatif Model Pendidikan Anak Usia Dini)”. http://parenting.pustaka-lebah.com/ (14 Februari 2018).

Sutopo, Ariesto Hadi, Multimedia Interaktif Dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.