Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle

Herman Trimantara, Neni Mulya

Abstract


Perkembangan bahasa sangatlah penting untuk dikembangkan, karena bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa pada anak usia 4-5 tahun diidentifikasi dengan berpartisipasi dalam percakapan,mengenal simbol-simbol, menyimak perkataan orang lain, menjawab pertanyaan sederhana, dan membacakan gambar. Sedangkan alat permainan edukatif adalah alat permainan  yeng bersifat mendidik dan dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada anak. Salah satu alat permainan edukatif adalah puzzle. Puzzle adalah permainan yang terdiri dari potongan gambar atau huruf yang disusun menjadi sebuah permainan yang memiliki daya tarik serta dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan dan kecerdasan anak.

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif puzzle di TK Mutiara Bangsaku Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan edukatif puzzle di TK Mutiara Bangsaku Bandar Lampung.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa.Alat pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara serta Dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa guru belum menerapkan langkah-langkah bermain puzzle secara keseluruhan yaitu diawali dengan guru menerangkan aturan permainan. Permainan ini dilakukan secara berkelompok, selanjutnya guru membuat kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari 4 anak, kemudian guru menjelaskan kepada anak bahwa tugas mereka adalah menggabungkan potongan gambar menjadi bentuk yang utuh, keempat jika sudah selesai masing-masing kelompok menyebutkan nama gambar yang baru saja disusun kepada guru dan yang terakhir guru memberikan umpan balik berupa pertanyaan tentang gambar yang telah mereka rangkai.

 

Kata Kunci: Bahasa  dan  Alat Permainan Edukatif Puzzle


Full Text:

PDF

References


Anayanti Rahmawati. Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif Untuk MeningkatkaN Empati Anak Usia Dini. 2014.

Elan, Dindin Abdul Muiz L, Feranis.Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. 2017

Inggried Claudia Muloke, Amatus Yudi Ismanto, Yolanda Bataha. Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle)Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan”, e-Journal Keperawatan(e-Kp). 2017

Komang Srianis, Ni Ketut Suarni, Putu Rahayu Ujianti. Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. 2014

M. Fadlillah. Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana, 2017.

Nita Nurcahyani, Elizabeth Prima, dan Putu Indah Lestari. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Astiti Dharma. 2016.

Novan Ardi Wiyani.Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Nur Rumakhit. Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis Dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017. 2017

Nyimas Muazzomi. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. 2017.

Rina Devianti. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. 2017.

Syamsu Yusuf Ln. Psikologi PerkembanganAnak dan Remaja.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Yuliani Nuraini Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak UsiaDini. Jakarta: PT Indeks, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.