Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini

Laode Anhusadar, Heny Wulandari

Abstract


Pengembangan seni pada anak usia dini adalah salah satu proses pencapaian anak dalam bidang seni dengan berpatokan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Melalui aktifitas seni, dapat meningkatkan daya cipta serta kreatifitas yang orisinil dan bersifat individual. Dan melalui aktivitas seni, anak dapat mengekspresikan diri. Model pembelajaran sentra  memberikan manfaat untuk mengembangkan rasa percaya diri anak. Mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Karena menekankan pada bermain sambil belajar, memberikan pengalaman nyata bagi anak. Pelaksanaan pembelajaran seni berbasis agama terhadap peserta didik tidaklah dilakukan secara spontan, melainkan harus melalui tahapan-tahapan membuat rancangan pembelajaran, menyesuaikan tahapan perkembangan anak dan menyiapkan media pembelajaran. Lembaga  pendidikan  bagi  anak  usia  dini, dituntut agar dapat mengoptimalkan perkembangan minat anak terhadap agama. Yang mana di dalam memberikan rangsangan pendidikan sebagai upaya membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak, proses kegiatan belajar mengajar dibutuhkan adanya sumber belajar untuk pembelajaran seni.

      Kata Kunci : Pembelajaran Seni, Agama dan Sentra PAUD


Full Text:

PDF

References


Anisyah, Nur, and M. Pd I. Anisyah. 2017. “Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Al-Muthmainnah Kota Jambi.” Jurnal An-Nahdhah 10 (2).

Arifin, Ar-Raisul Karama, and Nur Ainy Fardana. 2014. “Peran Pendidik PAUD Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran.” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan 3 (3): 188–98.

Azizah, Nur. 2013. “Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Universitas Negeri Semarang

.

Darkasyi, Muhammad, Rahmah Johar, and Anizar Ahmad. 2014. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.” Jurnal Didaktik Matematika 1 (1).

Dewi, Siti Malaiha. 2018. “Pengembangan Model Pembelajaran Responsif Gender Di PAUD AININA Mejobo Kudus.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 1 (1): 119–52.

Fitroh, Siti Fadjryana, and Evi Dwi Novita Sari. 2015. “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2 (2): 95–105.

Hasanah, Uswatun. 2012. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajara PAI Melalui Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Di TK Hj. Isriati Baiturrahman 2 Islamic Center Semarang.” IAIN Walisongo.

Herlina, Elin. 2017. “Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Model Kerjasama Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Dengan Usaha Besar Di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.” Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 1 (1): 71–81.

Jamiah, Yulis. 2013. “Internalisasi Nilai-Nilai Berpikir Kritis Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Matematika Kreatif Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP) 19 (2): 229–36.

Janna, Sitti Riadil. 2013. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali (Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam).” Al-Ta’dib 6 (2): 41–55.

Khori, Ahmad. 2016. “Manajemen Strategik Dan Mutu Pendidikan Islam.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.

Kurniawati, Dwi Wahyuni. 2011. “Pembelajaran Seni Rupa Di Sd: Studi Eksploratif Pemanfaatan Grajen Warna Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Dalam Berkarya Seni Membentuk Bagi Siswa Kelas 5 Sdn Jepon 2 Blora.” Universitas Negeri Semarang.

Oktaria, Renti. 2014. “Evaluasi Program Implementasi Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT).” Jurnal Pendidikan Usia Dini 8 (2): 337–52.

Pudjaningsih, Wiwik. 2013. “Metode Pengembangan Bahasa: Penerapannya Pada Pembelajaran Berbasis Tema Dan Sentra Di Taman Kanak-Kanak.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 3 (1).

Rindaningsih, Ida. 2012. “Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond Center and Circle Time) BCCT Pada PAUD.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1 (2): 213–23.

Rodiawati, Heni, and Komarudin Komarudin. 2018. “Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System.” Jurnal Tatsqif 16 (2): 172–85.

Rozalena, Rozalena, and Muhammad Kristiawan. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2 (1).

Septina, Nora, Farida Farida, and Komarudin Komarudin. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah.” Jurnal Tatsqif 16 (2): 160–71.

Suci, Rahayu Puji, Suhermin Suhermin, and Triyonowati Triyonowati. 2017. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Sarana Penunjang Proses Pembelajaran Pada Pos Paud Di Kelurahan Merjosari MalanG.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 7 (1): 52–65.

Viatra, Aji Windu, and Slamet Triyanto. 2014. “Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenundi Indralaya, Palembang.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni 16 (2): 168–83.

Wulandari, Dian. 2015. “Evaluasi Penerapan Beyond Centers And Circle Time (Bcct) Pada Pembelajaran Kelompok B Di Tk An-Nuur Sleman.” Pendidikan Guru PAUD S-1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.