Pengembangan Media Pembelajaran Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak

Germana Due, Efrida Ita

Abstract


Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang mendukung dalam proses belajar anak sesuai dengan karakteristik anak dalam perkembangan kognitif yang berkaitan dengan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media apron hitung yang sesuai dengan karakteristik anak di kelompok B PAUD Terpadu Citra Bakti, (2) mengetahui desain media pembelajaran apron hitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini di kelompok B PAUD Terpadu Citra Bakti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket, dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi mengenai tujuan pembelajaran aspek kognitif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat valid”, penilaian oleh ahli media mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat valid”, penilaian yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat valid”, serta hasil uji coba perorangan yang dilakukan pada dua orang siswa kelompok B PAUD Terpadu Citra Bakti mendapatkan skor 100% dengan  kategori “sangat valid” dan uji coba kelompok kecil pada lima orang siswa mendapat skor 100% dengan kategori “sangat valid”. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran apron hitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini di kelompok B PAUD Terpadu Citra Bakti layak untuk digunakan.


Keywords


: Counting, Cognitive Ability, Media Apron Count

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Anggani Sudono. (2010). Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Anak Usia Dini). Jakarta: PTGrasindo.

Badru Zaman, Asep Hery Hernawan & Cucu Eliyawati. (2010). Media dan Sumber Belajar TIK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Efrida Ita. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.No 1. 45-52.

Hamruni Yuliani. (2014). Pengembangan Media Pohon Hitung Berbais Paikem Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Di TK Education 21 Kulim Pekanbaru. Pekanbaru. FKIP UR.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Prawastiningtyas. (2015). Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pkk Kartini Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta: Bandung.

Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.