Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Khadijah Khadijah, Nurul Amelia

Abstract


Perkembangan kognitif merupakan proses berfikir anak dan menemukan solusi dari apa yang dipikirkan tersebut.Kognitif juga sering diartikan sebagai kecerdasan daya nalar atau berpikir. Dalam arti luas, kognitif ialah berpikir dan mengamati sehingga muncul tingkah laku yang mengakibatkan orang memperoleh pengetahuan. Kognitif dapat diartikan sebagai pengetahuan yang luas, kreatifitas atau daya cipta, kemampuan berbahasa serta daya ingat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di RA Al-Hidayah Semanggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui materi kegiatan dalammengembangkan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik asesmen (penilaian), dan hasil/dampak adanya asesmen perkembangan kognitif di RA Al-Hidayah Semanggi. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak berkembang sesuai dengan harapan. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan mereka sehar-hari. dalam mengembangkan kognitif anak di RA. Al-Hidayah lebih sering menggunakan kegiatan seperti Shalat, Menulis, Membaca, dan Menulis. Asesmen meiliki dampak positif dalam pencapaian perkembangan kognitif, baik untuk guru, anak didik, maupun orang tua.


Keywords


Kata kunci: Asesmen Perkembangan Kognitif, RA Al-Hidayah Semanggi

Full Text:

PDF

References


Dirman dan juarsuh. (2014). Penilaian dan Evaluasi Dalam rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa, Jakarta: Rineka Cipta

Fadlillah, M. (2017). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Hamid Patiliam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung Alpa Beta.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing,

Meleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mena, & Eyer. (2009). Infants, toddlers, and caregivers. New York, NY: McGraw-Hill.

Nugraha, Ali dkk. (2005). Kurikulum dan Bahan Belajara TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Pasal VI Bab 19

Pusat Kurikulum Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Universitas

Negeri Jakarta. (2007). Kerangka dasar pendidikan anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Suyadi. (2016). Perencanaan dan asesmen Perkembangan pada Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Lembaga PAUD di Daerah Istimewa Yogyakarta). Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65-83

Suyanto, Slamet. (2005). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.