Kegiatan Melipat Kertas Lipat Bermotif untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak

https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6544

Sri Widayati, Nurhenti Dorlina Simatupang, Aprianti Aprianti, Rohmatul Maulidiya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak yang masih memerlukan bantuan dalam  melipat kertas satu kali,  anak belum mampu dalam menyatukan dua sisi kertas dan menekan kertas dengan kuat sehingga hasil melipat satu menghasilkan lipatan yang tidak sama. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kegiatan melipat kertas bermotif dengan sisi kertas yang berbeda. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (action research). Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-7 tahun di TK DWPW. Tehnik pengumpulan data dengan lembar observasi. Tehnik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak  47,2% dan siklus II 82,6 % kmampuan anak dalam melipat kertas satu lipatan  mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan sebesar 35,47% yang berarti melipat dengan menggunakan kertas bermotif dengan dua sisi berbeda dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam melipat satu kali. Harus dipastikan anak menguasai kegiatan melipat satu dengan baik baru guru dapat memberikan tahap melipat selanjutnya.

 


Keywords


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak yang masih memerlukan bantuan dalam melipat kertas satu kali, anak belum mampu dalam menyatukan dua sisi kertas dan menekan kertas dengan kuat sehingga hasil melipat satu menghasilkan lipatan yan

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, V. E., & Syafrina, R.-. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Merobek Kertas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Tk Negeri 2 Samarinda. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 75–88. https://doi.org/10.24903/jw.v4i2.371

ANs, H. (2015). let's play origami cerdas ddan kreatif dengan kertas. Jajar, Laweyan, Surakarta: Lintang. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta:Renika Cipta

Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv. Yrama Widya.Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks

Avila, A., Magleby, S. P., Lang, R. J., & Howell, L. L. (2019). Origami fold states: Concept and design tool. Mechanical Sciences, 10(1), 91–105. https://doi.org/10.5194/ms-10-91-2019

Bustanul, A., Tambahsari, A., & Ajaran, T. (2018). No Title. 2018.

Claudia, S., Widiastuti, A. A., Kurniawan, M., Paud, P. G., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. 2(2), 143–148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Dureisseix, D. (2012). An overview of mechanisms and patterns with origami. International Journal of Space Structures, 27(1), 1–14. https://doi.org/10.1260/0266-3511.27.1.1

Faridah, I., & Widayati, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik halus melalui kegiatan menjahit pada kelompok a. 4(November), 1–4.

Fitriatun, E. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fransisca Anggraeni Suriantoso, Ni Made Ayu Suryaningsih, C. E. P. (2016). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan playdough pada anak kelompok bermain di paud tegaljaya. Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).

Gunarti Winda, Lilis Suryani, Azizah Musi, 2017. Metode pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta:UT.

Gilewski, W., Pełczyński, J., & Stawarz, P. (2014). A comparative study of Origami inspired folded plates. Procedia Engineering, 91(TFoCE), 220–225. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.12.050

Handayani, S., & Suharno, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Di Tk Pembina Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 38–53. Retrieved from http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Hanifah, U. M. I. (2017). Naskah Publikasi new.

Harahap, F. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami ( Improving Children Fine Motor Ability through Origami Folding Activity ). 2(2), 57–62.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340

Herini Kurwardani. (2018). Kegiatan Melipat Kertas Dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 4-5. Jurnal Program Studi PGRA, Volume 4 Nomor 1 22-29

Heri Rahyubi, M. (2012). Teori-teori Belajar dan aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media

Hernandez, E. A. P., & Hartl, D. J. (2018). Kinematics Structural mechanics and design of origami structures with smooth folds. 8(December 2016), 1–22. https://doi.org/10.1115/1.4034299

J. Beaty, Janice. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana : DIVA Press

Kemendiknas, 2010. Pedoman Pembelajaran Seni Melipat. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah.

Lebée, A. (2015). From folds to structures, a review. International Journal of Space Structures, 30(2), 55–74. https://doi.org/10.1260/0266-3511.30.2.55

Maftuhah dan Endang Ratnasari. (2014). Peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui permainan membuat plastisin alami. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1, 1–75.

Maghfuroh, L., & Chayaning Putri, K. (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v10i1.144

Maret, U. S., & Maret, U. S. (2016). Motorik Halus Melalui Media Realia Pada Anak Kelompok a Tk Tunas Bangsa Pati. 1–8.

Menengah, S., Negeri, K., & E-mail, A. (2017). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 01(01), 24–32.

Montolalu B.E.F. 2005. Bermain dan Permaianan Anak. Jakarta: UT.

Nadia, A. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Origami pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa di SDN 1 Wergu Wetan Kudus.

No Title. (2018). 7(2), 3–8.

Ni Kadek Seri Ayu Wiryaningsih, I Nyoman Jampel, Putu Aditya Antara. Penerapan Kegiatan Melipat Kertas Origami untuk Meningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Aisyiyah Bustanul Athfa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa, Volume 4. No. 2,Tahun 2016.

Nunung, N., Suryaningsih, C., & Putra, B. D. A. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Keperawatan, V(2), 65–73.

Overvelde, J. T. B., De Jong, T. A., Shevchenko, Y., Becerra, S. A., Whitesides, G. M., Weaver, J. C., … Bertoldi, K. (2016). A three-dimensional actuated origami-inspired transformable metamaterial with multiple degrees of freedom. Nature Communications, 7, 1–8. https://doi.org/10.1038/ncomms10929

Pangestika, R. A., & Setiyorini, E. (2015). The effect of Plasticine play to fine motor development at pre school children. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 2(2), 169–175. https://doi.org/10.26699/jnk.v2i2.art.p169-175

Paud, P. G., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., & Cristiana, E. (n.d.). PENGARUH KEGIATAN ORIGAMI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B Qurrotul Aeni. 1–4.

Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Kadek, N., … Tahun, N. (2016). AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL Jurusan Teknologi Pendidikan Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2).

R Ariyana, D., & Rini, N. S. (2009). Hubungan pengetahuan ibu tentang perkembangan anak dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia 4-5 tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang. Jurnal Keperawatan (FIKkes), 2(2), 11–20.

Rahmawati, I., & Khotimah, N. (2013). Meningkatkan Motorik Halus Anak Dengan Melipat Kertas Sederhana kelompok B TK Pertiwi I Balongbesuk Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Tahun. Jurnal Mahasiswa Teknologi. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/article/5888/19/article.pdf

Rezeki, S. (2018). Pengaruh Kegiatan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Anak Bangsa Mandiri , Kecamatan Labuhan Deli T . A 2017 / 2018. 4(1), 52–59.

Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suyadi, S. (2019). Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5212

Rosania Ulfa, W., A Lathif, M., & Khutobah, K. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Pada Anak Kelompok B TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(3), 35. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.4307

Sa’diah, R. H., Hardiani, R. S., & Rondhianto. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Origami terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak Prasekolah dengan Hospitalisasi di Ruang Aster RSD dr . Soebandi Jember Preschool Age Children Hospitalization in Aster ’ s Room Of RSD dr . Soebandi Jember ). Pustaka Kesehatan, 2(3), 530–536. Retrieved from jurnal.unej.ac.id

Samarinda, I. (2019). Stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok a di paud jannatul athfal samarinda. I(1), 1–17.

Stern, M., Pinson, M. B., & Murugan, A. (2017). The complexity of folding self-folding origami. Physical Review X, 7(4), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevX.7.041070

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Ilmu, F., & Padang, U. N. (n.d.). MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK- Della Syafitri , Indra Jaya Keywords : Membatik ; VI, 1–11.

Susanti, M. (2019). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan menganyam dari bahan alam di taman kanak – kanak cahaya hati kabupaten pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 32. https://doi.org/10.29210/3003280000

Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran Bals. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–60. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10519

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi.

Taju, C., Ismanto, A., & Babakal, A. (2015). Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Perkembangan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah Di Paud Gmim Bukit Hermon Dan Tk Idhata Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 108918.

Turner, N., Goodwine, B., & Sen, M. (2016). A review of origami applications in mechanical engineering. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part C: Journal of Mechanical Engineering Science. https://doi.org/10.1177/0954406215597713

Widayati. Sri. 2014. Panduan Dasar Melipat Kertas. Yogyakarta: Gava Media.

Yunisari, C., & Sumarni, S. (n.d.). Melalui Metode Pembelajaran Edutainment Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Kautsar Indralaya. 1–11.

Zio Perdana. (ed). 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6544

Article Metrics

Abstract views : 3606 | PDF downloads : 1999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.