Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan

Agus Jatmiko Jatmiko, Eti Hadiati Hadiati, Mia Oktavia Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak dharma wanita persatuan bandar lampung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Bandar Lampung”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Bandar Lampung menyatakan bahwa dari lima indikator ada empat indikator yang sudah terpenuhi diantaranya (1) Merumuskan atau menetapkan kegiatan (2) Menyiapkan alat atau teknik penilaian (3) Menetapkan kriteria penilaian (4) Menentukan nilai. Namun, ada satu indikator yang belum terpenuhi yaitu mengumpulkan data. Pendidik kurang untuk mengumpulkan data hasil kegiatan pembelajaran. Seharusnya secara rutin pendidik mengumpulkan data hasil kegiatan pembelajaran pada peserta didik yang telah dilakukan.  Hal tersebut dilakukan supaya dalam pelaksanaan rekapitulasi penilaian nantinya pendidik tidak kesulitan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran pada peserta didik.

Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran AUD, Pendidik, Jurnal Al-Athfal


Keywords


Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran AUD, Pendidik, Jurnal Al-Athfal

Full Text:

PDF

References


Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Damayanti, E., Hartika, A. S., & Herawati. (2018). Manajemen Penilaian PAUD di TK Citra Semata. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1.

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik di PAUD Al-Azhar Bukittinggi. Obsesi, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. Care, 7(1), 52–56.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. PT. Thalia Indonesia.

Kebudayaan, K. P. dan. (2015). Penilaian Pembelajaran PAUD.

Lase, F. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Menjadi Pengalaman Belajar. Obsesi, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.68

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Obsesi, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Meutia, V., & Mursita, R. A. (2018). Kompetensi Pedadogik Guru Kelas dalam Pembelajaran Peserta Didik Tunarungu. Cakrawala, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v9i1.11345

Mulyasa, E. (2015). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Obsesi, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 3(1), 73–86.

Roza, D., Nurhafizah, & Yaswinda. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Obsesi, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedadogik Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Obsesi, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.278

Sudjono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedadogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Obsesi, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Uce, L. (2015). The Golden Age. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2020). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Obsesi, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434

Wiyani, N. A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu. Gava Media.

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2018). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10325

Yuslam, Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2017). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana PG-PAUD dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04

Zubaidi, M. (2020). Profesionalisme Guru dan Efektifitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Obsesi, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.