Pengembangan Media Permainan Dakon Untuk Kemampuan Berhitung Anak

Desi Mulyani, Nika Cahyati, Aulia Rahma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan yang dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun sebanyak 150 anak melalui teknik rundom sampling, serta mengetahui keefektifan dari media tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dibatasi dengan 6 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, dan uji coba pelaksanaan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian hasil perkembangan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media dakon meningkatkan sebesar 125, dari nilai rata-rata awal 62,5 menjadi 187,5. Pada hasil uji t nilai postest kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 000. Nilai sig (2 tailed) sebesar 000 < 0,05. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji t dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak da Ha di terima yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan, yang artinya terdapat perbedaan perkembangan berhitung anak yang tidak menggunakan media permainan dakon dengan perkembangan berhitung anak yang menggunakan media permainan dakon.


Keywords


permainan dakon; kemampuan; berhitung anak

Full Text:

PDF

References


Dewi, Ajeng Rahayu Tresna dkk. (2019). Kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka, Jurnal Pelita PAUD, 3 (1), 46-57

Cahyati, Nika. (2018). Kemampuan mengenal angka melalui media memancing bola angka, Jurnal Pelita PAUD, 2 (2), 200-213

Amanda, Dinda Dwi. (2013). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan book scvenger hunt. Serang: Upi.Edu. 2013, Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi.

Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.

Haerudin, D. A. . N. C. (2018). PENERAPAN METODE STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. 04(1), 1–11.

Prima Nataliya. (2011). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358.

Putri Sarasati, T., & Cahyati, N. (2020). Pengembangan Boneka Edukatif untuk Pengenalan Pendidikan Seks Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 58–69. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.152

Uniati, T. (2019). Penerapan Permainan Dakon Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penambahan dan Pengurangan Pada Anak TK Kelompok B. 1(2), 132–140.

Verdawati, E. (2013). Penerapan Media Permainan Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 Sd Al-Amin Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–7.

Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05

Yenti, L. S. (2015). Pembuatan Permainan Dakon Virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(1), 1–13.

Khairi, Husnuzziadatul. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2 (1), 17-18

Fauziyah Putri Ratna, dkk. (2017). Kemampuan berhitung permulaan melalui metode demontrasi dengan media sempoa pada anak kelompok B1 di TK amelia kecamatan sumbersari kabupaten jember tahun pelajran 2016/2017. Jurnal Edukasi, 4 (3), 45-48

Rahman, Ulfiana. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal Lentara Pendidikan, 12 (1), 45-57

Romlah, Medinda, dkk.(2016). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1 (2), 72-73

Utami, Tri. (2017). Penanaman kompetensi inti melalui pendekatan saintifik di PAUD an-nuur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), 92-93

Yeni. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Serang: Upi. Edu. 2016, Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi

Ismatul Khasanah, dkk. (2014). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian, 1(1), 91-105

Saribu, Putri Budiani Dolok, dkk. (2018). Pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung anak permulaan anak usia 4-5 tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serang. Jurnal Usia Dini, 4 (1), 28-38

Mufarizudin, Moh Faizuddin. (2018). Useful of clap hand games for optimalize cogtivite aspects in early childhood education. Jurnal Obsesi, 2 (2), 162-169

Cahyati, N. (2018). KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA MEMANCING. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 200–213.

Haerudin, D. A. . N. C. (2018). PENERAPAN METODE STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.420

Horunisa, P. S., & Cahyati, N. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. 04(1), 1–11.

Prima Nataliya. (2011). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358.

Putri Sarasati, T., & Cahyati, N. (2020). Pengembangan Boneka Edukatif untuk Pengenalan Pendidikan Seks Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 58–69. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.152

Uniati, T. (2019). Penerapan Permainan Dakon Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penambahan dan Pengurangan Pada Anak TK Kelompok B. 1(2), 132–140.

Verdawati, E. (2013). Penerapan Media Permainan Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 Sd Al-Amin Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–7.

Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05

Yenti, L. S. (2015). Pembuatan Permainan Dakon Virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(1), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.