Pengembangan Kurikulum Merujuk KKNI Pada Prodi PIAUD

Sri Wahyuni, Khadijah Khadijah, Yusnaili Budianti, Maisarah Maisarah

Abstract


Pengembangan IPTEKS yang sangat pesat menuntut pemerintah Indonesia melakukan review dalam segala bidang termasuk kurikulum pendidikan. Pemerintah Indonesia telah mencanangkan kurikulum merujuk Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui Perpres No. 08 tahun 2012. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum merujuk KKNI pada program studi pendidikan islam anak usia dini (PIAUD) FITK UIN-SU Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model Hannafin & Peck yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: wawancara terstruktur, dan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persentase rerata skor. Hasil penelitian ini mengembangkan produk berupa buku kurikulum PIAUD merujuk KKNI yang terbukti sangat valid dan sangat baik untuk digunakan oleh mahasiswa PIAUD. Hal tersebut karena kurikulum yang dikembangkan telah memenuhi unsur KKNI, merujuk KMA 15 tahun 2018, dan mengikuti perkembangan IPTEKS dan dunia kerja di bidang PAUD.


Keywords


KKNI; Kurikulum PIAUD; KMA 15 Tahun 2018

Full Text:

PDF

References


Akpinar, B., Batdı, V., Özeren, E., & Kirilmazkaya, G. (2017). The Meaning Crisis of Curriculum in Information Age. International Journal of Information and Education Technology, 7(9), 661–664. https://doi.org/0.18178/ijiet.2017.7.9.949

Anggraini, H. G. (2014). Analisi Output dan Outcome Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, IX(1), 70–82. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3357

Anih, E. (2015). Manajemen Implementasi Kebijakan Pengambangan Kurikulum di Perguruan Tinggi Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 1–21.

Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Proyek Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008

Fatoni, A. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 76–91. https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i1.755

Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of. Instructional Software. New York: Macmillan Publishing Company.

Haris, A. (2019). Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam. Al-Furqan: Jurnal Studi Pendidikan Islam, VII(2), 63–81.

Jono, A. A. (2016). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di LPTK Se-Kota Bengkulu. Jurnal Manhaj, 4(1), 57–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i1.148.g136

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, (2014).

Peraturan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, (2015).

Khairiah. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan PTAIN. Jurnal Nuansa, VIII(2), 171–184. https://doi.org/10.29300/nuansa.v8i2.395

Maba, W. (2016). Kurikulum Sarjana Berbasis KKNI Mengubah Mindset Pengajaran Menjadi Pembelajaran. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), 85–87.

Maisarah. (2019a). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Maisarah. (2019b). Statistik Pendidikan. Medan: Akasha Sakti.

Maslahah, A. U. (2018). Penerapan Kurikulum Mengacu KKNI dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan di PTKIN. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 227–248. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.5717

Nugrahadi, E. W., Maipita, I., Ane, L., & Putra, P. D. (2018). Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI di Fakultas Ekonomi UNIMED. Jurnal Niagawan, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9349

Nurdin, H. S. (2018). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Jurnal Al-Ashlah, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i1.813

Nurhadi, & Setiyawan, A. (2017). Model Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Sebagai Penguatan Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 219–238. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-02

Oliver, R., Kersten, H., Vinkka-Puhakka, H., Alpasan, G., Bearng, D., Cema, I., Delap, E., Dummer, P., Goulet, J. P., Gugushen, T., Jeniati, E., Jerolimov, V., Kotasnos, N., Krifka, S., Levy, G., Neway, M., Ogawan, T., Saag, M., Sidlauskas, A., … White, D. (2008). Curriculum Strukture: Principles and Strategy. European Journal of Dental Education, 12(1). https://doi.org/10.1111/j.1600-0579.2007.00482.x

PIU, P. A. (2015). Buku Pedoman Pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri Tahun 2015. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rosnah, S., Setiawan, D., & Hadiningrum, S. (2018). The Development of Social Studies Learning based on the Local Wisdom to Improve Students’ Social Skills at Social Science Faculty of Universitas Negeri Medan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 208(1). https://doi.org/10.2991/icssis-18.2019.71

Siagian, B. A., & Siregar, G. N. S. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI di Universitas Negeri Medan. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 327–342. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12378

Sinta, M. D., Alfianda, & Waluyati, S. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn di SMA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, 6(2), 224–231. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.8713

Sudrajat, D. (2018). Kurikulum Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis KKNI: Prosedur Pengembangan dan Implementasinya. Jurnal Intelegensia, 3(1), 14–30.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Warsah, I., Imron, Siswanto, & Sendi, O. A. M. (2020). Strategi Implementatif KKNI dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di IAIN Curup. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 77–90. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3442 Article

Yusiyaka, R. A. (2016). Penilaian (Evaluating) Pada Program Pendidikan Luar Sekolah. Journal Educate, 1(1), 49–58. https://doi.org/10.32832/educate.v1i1.418




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.