Manajemen Strategi Pembelajaran Lembaga Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Abdul Aziz, Isfaroh Isfaroh, Novi Kurnia Sari, Yulianto Yulianto

Abstract


Pengelolaan lembaga anak usia dini perlu dikelola dengan baik agar menjadi sebuah lembaga berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengkaji manajemen strategi pembelajaran lembaga pendidikan anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, yaitu memakai data yang diperoleh dari hasil analisis di lapangan baik melalui observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya manajemen strategi yang diupayakan oleh kepala sekolah dalam mengelola risiko bencana di lembaganya. Kepala Sekolah TK Pertiwi 4 Giripurno Borobudur menerapkan manajemen strategi pembelajaran sebagai cara dalam rangka memperlancar proses pembelajaran di masa pandemi. Setidaknya ada empat strategi yang dilakukan TK Pertiwi 4 Giripurno dalam mengelola pembelajaran di era pandemi, di antaranya yaitu implementasi perencanaan yang matang melalui analisis manajemen krisis (before crisis, during crisis dan after crisis), pengorganisasian (organizing) lembaga yang tersistem, pelaksanaan (actuating) yang maksimal dan pemantauan (controlling) dengan menyesuaikan pada ketentuan perundang-undangan terkait situasi kondisi kedaruratan pandemi Covid-19. Melalui implementasi manajamen strategi tersebut, maka dapat menjadi strategi yang efektif dan efisien dalam mengendalikan proses pembelajaran walaupun di tengah kondisi krisis pandemi Covid-19.


Keywords


manajemen strategi; pembelajaran; anak; masa pandemi

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz. (2021). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan. 2, 19–34.

Adhimah, S. (2020). Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 1 ), 2020 , 57-62 Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini ( studi kasus di desa karangbong rt . 06 rw . 02 Gedangan-Sidoarjo ). 9(20), 57–62.

Agus Jatmiko. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , Bandar Lampung , Indonesia Begitu Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pengelolaan Pendidikan Masyarakat , Hingga Di Dunia Internasional Melihat Bahwa Sala. 3(1), 83–97.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Creswell. (2016). Creswell - Educational Research Planning, Conducting and Evaluating.pdf.

Easterbrook, M. J., & Hadden, I. R. (2021). Tackling Educational Inequalities with Social Psychology : Identities , Contexts , and Interventions. 15(1), 180–236. https://doi.org/10.1111/sipr.12070

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fariq, W. M., Darwis, M., Sofiani, I. K., & Umar, A. N. (2021). Peran Orang T ua Dalam Mendidik Anak Perspektif Muhammad Taqī Al - Falsafī ; Tela ’ ah Kitab Al-Thifl Baina Al-Waratsah Wa Al-Tarbiyah The Role Of Parents In Educing Children ’ s Perspective Muhammad Taqī Al- Falsafī ; Have The Book Of Al -Thifl Baina Al-. 4(1), 106–123.

Fernandez, A. A., & Shaw, G. P. (2020). Academic Leadership In A Time Of Crisis : The Corona And Virus - 1 9. 14(1), 39–45. https://doi.org/10.1002/jls.21684

Gubernur, S. (2019). Upah Bagr. 35.

Hak, J. D. & T. (n.d.). Case Study metodology in business research (Vol. 148).

Haslam, S. A., Steffens, N. K., Reicher, S. D., & Bentley, S. V. (2021). Identity Leadership in a Crisis : A 5R Framework for Learning from Responses to COVID-19. 15(1), 35–83. https://doi.org/10.1111/sipr.12075

Hough, M. G., & Spillan, J. E. (2011). Crisis Planning: Increasing Effectiveness, Decreasing Discomfort. Journal of Business & Economics Research (JBER), 3(4). https://doi.org/10.19030/jber.v3i4.2762

Kahar, M. I. (n.d.). Masa COVID-19 Gusnarib Wahab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu Pandemi covid-19 mempengaruhi semua aktivitas kehidupan manusia mulai aktivitas olahraga , perkantoran , bahkan sampai pada hubungan t. 49–66.

Kementrian Pendidikan, K. (2020). Pendidikan Kebudayaan. 021.

Kothari, C. R. (2004). Research Metodology.

Kurniati, E., Kusumanita, D., Alfaeni, N., & Andriani, F. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Abstrak. 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lase, D. (2019). Jurnal sundermann.

Meriza, I. (n.d.). Pendidikan. 37–46.

Mulya, N. (2019). Supervisi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( Pkbm ) Terhadap Kepala Sekolah Terkait Manajemen. 2(2), 47–60.

Murfi, A., & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. 5(c), 119–136.

Pambudi, S. (2020). Filsafat Jawa: Belajar Menjadi Pemimpin Dalam Ajaran Serat Tajusalatin. II(1), 130–153.

Rodrigues, M., & Franco, M. (2020). COVID-19 and Disruption in Management and Education Academics : Bibliometric Mapping and Analysis.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib, Vol. 10. N, 341–360.

Satrianingrum, A. P., Prasetyo, I., Anak, P., Dini, U., & Yogyakarta, U. N. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD Abstrak. 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Somantri, G. (2005). Memahami metode penelitian. 9(2), 57–65.

Stallman, C., Kieran, S., Quinn, D., & Schaibley, V. M. (2021). Rethinking genetic counseling clinical skills training in the time of COVID- ­. February, 1–6. https://doi.org/10.1002/jgc4.1503

Sutarman, M. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Holistik Integratif. 61–72.

Takale, 2013. (2013). Principles Of Management “They Say That Dedicating Is One Of The Most Beautiful Acts Of Love One Can Perform. I Would Argue That It Is Even More Beautiful To Dedicate This To You Without Saying My Name".

Utomo, A. P. (2020). WHO Umumkan Nama Resmi untuk Virus Corona: Covid-19. https://internasional.kompas.com/read/2020/02/11/23170631/who-umumkan-nama-resmi-untuk-virus-corona-covid-19

Wawancara dengan Nuryah Hikmawati pada 10 Agustus 2020

Wawancara dengan Dewi Masitoh pada 10 Agustus 2020

Wawancara dengan Novi Kurnia Sari pada 10 Juli 2020

Wawancara demgan Choirunisa pada 10 Juli 2020.

Wawancara demgan Winarni pada 10 Juli 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.