Program Pembelajaran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Di PAUD

https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9651

Karmawan Karmawan, Dwi Puji Lestari

Abstract


Stres, gelisah, gugup merupakan dampak seseorang tidak jujur. Semakin sering melakukan kebohongan, maka stress, gelisah, dan gugup akan terus didapat. Keadaan kesehatan dan psikologi akan berakibat buruk jika prilaku tidak jujur terus berada dalam diri sesorang. Apalagi prilaku jujur ini tidak ditekankan pada anak usia dini sejak kecil, maka akan memberikan pengaruh buruk untuk perkembangannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui stimulasi yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran di PAUD Barisanmu Kids Jatisari Bekasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini ada dua guru. Metode penelitian dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif field research. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data mengunakan analisa data miles dan huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa program pembelajaran guru dalam menanamkan nilai-nilai melalui kejujuran 1) memberikan program latihan; 2) bekerja sama dengan orang tua di rumah; 3) memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kejujuran; 4) mengunakan metode penanaman nilai dan keteladanan; 5) melakukan perencanaan pembelajaran; 6) memberikan reward (hadiah) dan punishment (hukuman).   


Keywords


program pembelajaran guru; nilai-nilai kejujuran; teknik guru

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Annisa Anita Dewi. (2017). Guru Mata Tombak Kehidupan. CV Jejak.

B.Uno, H. (2008). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Bumi Aksara.

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild, 5(1), 8–14.

Dan, S. S. P. (2017). Peran Guru PAI Dalam Mencegah Paham Radikalisme Bagi Siswa Di MTs Irsyadul Anam Kiyudan Selomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. In Uin Sunan kalijaga Yogyakarta (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2018.01.013

Dharma Kesuma, dkk. (2012). Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Fandi Setiawan. (2013). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Melalui Internalisasi Nilai Kejujuran pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jupis, 5(2), 75.

Fitria, Y. (2019). Perilaku Menyontek: Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Ketidakjujuran Akademi. JIPI, Vol. 07(No.01).

Francisca, L., & Ajisuksmo, C. (2015). The Correlations Among Moral Knowing, Moral Feeling, and Moral Behavior on Four Basic Competencies of Teachers. Jurnal Kependidikan, 45(2), 211–221.

Haiatin Chasanatin. (2015). Pengembangan Kurikulum. STAIN Jurai Siwo Metro, 18.

Imam Wahyu. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Prestasi Pustaka.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. FamilyEdu, 3(1).

Kementrian Pendidikan Nasional. (2005). Disain Induk Pendidikan Karakter. Kemendiknas.

Megawangi, R. et al. . (2004). Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Prac‐ tices (DAP) Anak‐anak Usia Dini 0 samp 8 Tahun. Indonesia Heritage Foundation.

Muhammad Amin. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1).

Munir dan Sudarsono. (2016). Dasar Agama Islam. Rineka Cipta.

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Cendikia : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12.

Samsul Munir Amin. (2016). Ilmu Akhlak. Hamzah.

Santrock John W. (2009). Educational Psychology. Salemba Humanika.

Slavin; Robert E. (2009). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. PT. Indeks.

Tarman, I., & Tarman, B. (2011). Developing effective multicultural practices: A case study of exploring a teacher’s understanding and practices. The Journal of International Social Research, 4(17), 1–21.

Waseza, F. C. (2017). Implementasi Nilai Karakter Jujur Di Sekolah Bunda Paud Kerinci. Nur El-Islam, 4(2), 142–165.

Yanizon, A. (2017). Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Moral Anak Dalam Keluarga Moral Development of Children Through the Role of Parents in a Family. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 3(2), 46–55. https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.553

Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591




DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9651

Article Metrics

Abstract views : 674 | PDF downloads : 228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al Athfaal [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.