Pengetahuan dan Pemahaman Guru-guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Terhadap Literasi Kritis di Indonesia

Raden Aulia Utami Hidayat, Paridah Hidayat, Siti Umayah

Abstract


Istilah literasi kritis cenderung dianggap sebagai sesuatu yang baru di Indonesia. Sebagian besar guru memiliki pengetahuan dan pemahaman yang terbatas tentang literasi kritis, tentang apa dan mengapa itu penting. Kesulitannya tidak hanya dialami oleh guru yang mengajar dalam pendidikan tinggi, bahkan guru pengajar anak usia dini pun merasa bahwa mereka tidak mengerti istilah ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mencari tahu pengetahuan dan pemahaman gugru-guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) terhadap Literasi Kritis. Partisipan dari penelitian ini adalah lima puluh tujuh guru PIAUD di Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, yang disurvei menggunakan kuisioner daring terkait dengan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang literasi kritis. Hasil dari kuesioner terbuka yang dianalisis secara induktif mengungkapkan bahwa, meskipun guru PIAUD ini telah mengajar selama kurang dari satu hingga lima belas tahun, mereka memahami apa itu melek huruf dan apa yang penting dalam konteks tradisional. Namun, semuanya menunjukkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang istilah literasi kritis. Disisi lain beberapa guru PIAUD menunjukkan keyakinan positif mereka pada promosi literasi kritis kepada siswa mereka dan beberapa dari mereka masih tidak yakin tentang implementasi hal yang baru tersebut karena mereka memiliki pengetahuan dan pemahaman yang terbatas tentang istilah literasi kritis tersebut.


Keywords


literasi kritis; anak usia dini; pemahaman guru; keyakinan guru

Full Text:

PDF

References


Alwasilah. (2001). Language, Culture, and Education . Andira.

Bacon, C. K. (2017). Multilanguage, Multipurpose: A Literature Review, Synthesis, and Framework for Critical Literacies in English Language Teaching. Journal of Literacy Research, 49(3). https://doi.org/10.1177/1086296X17718324

Coffey. (2010). Critical literacy. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 87.

Falkenstein, A. (2003). Critical literacy in an EFL context.

Fisher, R. (2005). Teaching children to think. Nelson Thornes.

Gustine, G. G. (2018). A survey on critical literacy as a pedagogical approach to teaching English in Indonesia. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(3).

Hidayat, R. A. U. (2020). An Inquiry Study on Teachers’ Beliefs and Knowledge of Critical Literacy Pedagogy in Indonesia Context. Twelfth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2019).

Hood, S. (1998). Critical literacy: What does it mean in theory and practice. Teachers’ Voices, 3.

James, J. H., & McVay, M. (2009). Critical literacy for young citizens: First graders investigates the first Thanksgiving. Early Childhood Education Journal, 36(4).

Janks, H. (2010). Literacy and power. Routledge.

Kalantzis, M., & Cope, B. (2012). Literacies. Cambridge University Press.

Kaur, S., & Sidhu, G. K. (2014). Evaluating the Critical Literacy Practices of Tertiary Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1396

Koo, Y. L., Wong, F. F., & Kemboja Ismail. (2012). Students’ critical consciousness through critical literacy awareness. Gema Online® Journal of Language Studies, 12(1).

Labadie, M., Wetzel, M. M., & Rogers, R. (2012). Opening spaces for critical literacy: Introducing books to young readers. The Reading Teacher, 66(2).

Lee, C. J. (2012). From disrupting the commonplace to taking action in literacy education. Journal of Thought, 47(2).

Lewison, M., Flint, A. S., & van Sluys, K. (2002). Taking on critical literacy: The journey of newcomers and novices. Language Arts, 79(5), 382–392.

Luke, A., & Woods, A. F. (2009). Critical literacies in schools: A primer. Voices from the Middle, 17(2), 9–18.

McDaniel, C. A. (2006). Critical literacy: A way of thinking, a way of life (P. Lang, Ed.; Vol. 296).

Norris, K., Lucas, L., & Prudhoe, C. (2012). Examining critical literacy: Preparing preservice teachers to use critical literacy in the early childhood classroom. Multicultural Education, 19(2), 59–62.

Park, J. Y. (2012). A Different Kind of Reading Instruction: Using Visualizing to Bridge Reading Comprehension and Critical Literacy. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 55(7). https://doi.org/10.1002/JAAL.00074

Peterson, K. E., & Chamberlain, K. (2015). “Everybody Treated Him Like He Was From Another World”: Bilingual Fourth Graders Develop Social Awareness Through Interactive Read-Alouds Focused on Critical Literacies. Literacy Research and Instruction, 54(3). https://doi.org/10.1080/19388071.2015.1027020




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

 

 

 

Creative Commons LicenseAll publications by Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini [p-ISSN: 2622-5484, e-ISSN: 2622-5182] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.