Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Irwandani Irwandani, Siti Juariyah

Abstract


The development trend of technology and information at this time should be used by the world of education to make it as a learning tool, both outside and inside the classroom. One trend that is emerging now is the use of social media as a medium of learning. Social media will be focused to develop is a media Instagram, in which can contain images and text content. The study was conducted with the aim of producing instructional media products that meet the necessary criteria. The research is the research and development method undertaken by several stages, a preliminary investigation, gathering information, product design, product validation, testing is limited to the user, and product revision. Based on the stages that made learning media product obtained declared fit and is needed by learners after validating and testing the product. Validation linguists gained 84%, the design of 82.67%, 86.67% materials, and media gained 87.14%. Meanwhile, based on the scoring is obtained 90.83%.

Tren perkembangan teknologi dan informasi saat ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh dunia pendidikan untuk menjadikannya sebagai sarana pembelajaran, baik itu di luar maupun di dalam kelas. Salah satu tren yang sedang muncul saat ini adalah pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Media sosial yang akan difokuskan untuk dikembangkan adalah media instagram, yang di dalamnya bisa memuat konten gambar dan tulisan. Penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu melakukan penelitian pendahuluan, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, ujicoba terbatas kepada pengguna, kemudian revisi produk. Berdasarkan tahapan-tahapan yang dilakukan diperoleh produk media pembelajaran yang dinyatakan layak dan sangat dibutuhkan oleh peserta didik setelah melakukan validasi dan ujicoba produk. Validasi ahli bahasa memperoleh 84%, desain 82,67%, materi 86,67%, dan media memperoleh 87,14%. Sementara itu, berdasarkan penilaian pengguna diperoleh sebesar 90,83%.  



Keywords


media pembelajaran; media sosial; instagram

Full Text:

PDF

References


Alimir, “20 Manfaat Pendidikan Bagi Masayarakt”, (On-line) tersedia di:http://manfaat.co.id/manfaat-pendidikan/. (23 Oktober 2015)

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Danaswari, R. W., & Roviati, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2).

Kind, T., & Evans, Y. (2015). Social media for lifelong learning. International Review of Psychiatry, 27(2), 124-132.

Lumby, C., Anderson, N., & Hugman, S. (2014). Apres Le Deluge: social media in learning and teaching. Journal of International Communication, 20(2), 119-132.

Miarso, Y. H. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group cetakan ke-4.

Munadhi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan media komik IPA untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24-35.




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Article Metrics

Abstract views : 4548 | PDF downloads : 4108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X