Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Antomi Saregar

Abstract


This study aims to encourage and  increase student mastery of concepts on Physics Education Study Program, Quantum Physics subject in wave particle duality, the odd semester of the academic year 2015/2016, using PhET simulations shaped media through a scientific approach. The research method uses a Class Action Research. The results of the implementation of the act of learning physics simulation assisted with the PhET and LKM scientific approach, it can be concluded that: 1) The interest of students during the learning with media-assisted PhET and LKM scientific approach, increased in each cycle. The percentage interest of students in the cycle I until cycle III are 73.33%, 86.66% and 90%; 2) the students mastering of concepts generally increasing, although is not significant. On average the mastery of the concepts of physics students with scientifically-assisted learning of PhET simulations and LKM of the first cycle until. the third cycle in a row is 62.3; 79.6; and 80.3.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan penguasaan konsep mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika, mata kuliah Fisika Kuantum materi dualisme gelombang partikel, semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan menggunakan media berbentuk simulasi PhET melalui pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik berbantu simulasi PhET dan LKM, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Minat mahasiswa selama pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantu media PhET dan LKM, mengalami peningkatan pada setiap siklus. Persentase minat mahasiswa pada siklus I s.d. siklus III berturut-turut adalah 73,33%, 86,66%, dan 90%; 2) penguasaan konsep mahasiswa secara umum trennya terus meningkat, walaupun tidak terlalu signifikan. Rata-rata penguasaan konsep fisika mahasiswa dengan pembelajaran saintifik berbantu simulasi PhET dan LKM dari siklus I s.d. siklus III berturut- turut adalah 62,3; 79,6; dan 80,3.


Keywords


dualisme gelombang partikel; laboratorium virtual; minat dan penguasaan konsep; pendekatan saintifik; PhET simulation

Full Text:

PDF

References


Adams, W. K., Reid, S., LeMaster, R., McKagan, S. B., Perkins, K. K., Dubson, M., & Wieman, C. E. (2008). A study of educational simulations part II-interface design. Journal of Interactive Learning Research, 19(4), 551.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2006). 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi).

Choiron, M. (2013). Memanfaatkan Media ICT dalam Pembelajaran (Online): (http://www.teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/11/28/memanfaatkan-media-ict-dalam-pembelajaran 614758.html. diakses 3 Maret 2015).

Depdikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Ke-budayaan.

Lin, S. F., & Lin, H. S. (2016). Learning nanotechnology with texts and comics: The impacts on students of different achievement levels. International Journal of Science Education, 38(8), 1373-1391.

Nasution, K. (2013). Aplikasi Pembelajaran dalam Perspektif Pendekatan Saintifik. Online): (http://www. sumut. kemenag. go. id/file/file/TULISANPENGAJAR/nqtx1392172430. pdf. diakses 19 Juni 2014).

Nur, M. H. R. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika yang Bersinergi dengan Media Lab. Virtual PhET pada Materi Sub Pokok Bahasan Fluida Bergerak di MAN 2 Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 162-166.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(02).

Sari, A. K., Ertikanto, C., & Suana, W. (2015). Pengembangan LKS Memanfaatkan Laboratorium Virtual pada Materi Optik Fisis dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2).

Siswanto, I. Kaniawati, A. & Suhandi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 10 (2) (2014) 104-116.

The PhET Team. (2015). PhET (Intective Simulations). (Online): http://www. PhET.colorado.edu/in/. diakses 3 Maret 2015).




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Article Metrics

Abstract views : 4920 | PDF downloads : 4146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X