Pembelajaran Fisika Berbasis Kompetensi Life Skill Kelas XII IPA.1 MAN 1 Lampung Selatan

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.107

Poniman Poniman

Abstract


This study aims to determine the physics competency-based learning life skills class XII IPA1, It conducted in two cycles, each cycle consisting of four phases: planning, execution, analysis and reflection. The action used is "Competency-Based Physics Education Life Skills". The first cycle has not succeeded cognitive aspects obtained a mean value of 5.62, the affective with good criterion 32.35%, sufficient criteria 67.65% as well as psychomotor  with good criterion 38.34%, sufficient criteria 61.66%, the life skill with all criteria 41.18%, both criteria 58.82 %.The second trying to provide intensive training with the same material, the result of learning on the cognitive of  a mean value of 5.81, affective  with both criteria of 76.47%, sufficient criteria 23.53%, psychomotor with good criterion 55.88%, sufficient criteria of 44.12% as well as on the life skill with very good criteria 1.76%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran fisika berbasis kompetensi life skill pada kelas XII IPA1. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Tindakan yang digunakan adalah "Pembelajaran Fisika Berbasis Kompetensi Life Skills ". Siklus pertama belum berhasil, nilai rata-rata aspek kognitif diperoleh 5,62; afektif dengan kriteria baik 32,35%, dan kriteria cukup 67,65%; serta psikomotorik dengan kriteria baik 38,34%, dan kriteria cukup 61.66%; life skills dengan semua kriteria 41,18%, kriteria baik 58,82%. siklus kedua mencoba untuk memberikan pelatihan intensif dengan tindakan yang sama, rata-rata hasil belajar aspek kognitif 5,81; afektif dengan kriteria baik 76,47%, kriteria cukup 23,53%, psikomotor dengan kriteria baik 55,88%, kriteria cukup 44,12% serta pada life skill dengan kriteria baik sekali 1,76%. 


Keywords


pembelajaran fisika; physics competency-based learning life skills

Full Text:

PDF

References


Agustina, P., & Saputra, A. (2012). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skill) di Indonesia. In Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi (Vol. 9, No. 1, pp. 310-316).

Urlwin, Trevor (2002). Presentation on the seminar on competensi based curriculum. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional (2002). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional (2003). Pengembangan silabus berbasis kompetensi berorientasi kecakapan hidup. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Harjiatmoko, S. (2012). Manajemen Madrasah Tsanawiyah (Studi Situs di MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo DIY) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-16.

Suharyanto. (2003). Life skill dan pengalaman belajar dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (Makalah). Disampaikan pada workshop Sosialisasi dan implementasi kurikulum 2004 di Madrasah Aliyah 19-24 Januari 2004.

Suryanto. (2003). Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi (makalah). Disampakan dalam seminar nasional Matematika XI HIMATIKA FMIPA UNY 16 Maret 2003.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.107

Article Metrics

Abstract views : 234 | PDF downloads : 170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X