Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung

Rahma Diani

Abstract


This study aims to determine the effect of LKS scientific approach to the study result of students. This study is a research quasy experimentation, the samples in this study were students of class XI SMA PERINTIS 1 Bandar Lampung, the sampling technique using simple rondom sampling, where the class XI.3 is an experimental class and class XI.5 as control class, with style material. The Instruments used for learning outcomes is a description that had previously been tested. Based on the results of research and data management t-test analysis on a significant level = 0.05 obtained t> t table ie 5.45415> 1.68107 means that H0 is accepted. Thus, the learning of physics by using a scientific approach of LKS more influence on physics learning outcomes of learners compared with not using a scientific approach.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantukan LKS terhadap hasil belajar  peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eskperimen, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA PERINTIS 1 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel menggunakan simple rondom sampling, dimana kelas XI.3 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI.5 merupakan kelas control, dengan materi gaya. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah uraian yang sebelumnya telah diuji cobakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengelolaan data analisis uji-t pada taraf signifikan= 0,05 diperoleh thitung > ttabel  yaitu 5.45415 > 1.68107  berarti H0 diterima. Dengan demikian, pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan saintifik  berbantukan LKS lebih berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pendekatan saintifik.


Keywords


hasil belajar; pendekatan saintifik; quasy eksperiment

Full Text:

PDF

References


Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2014.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahya, Bandung: CV. Diponegoro, 2008

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni , 243-255.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan , 81-86.

Lia saptini handriani, ahmad harjono, dan aris doyan, “pengaruh model pembelajaran inkuiri tertstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan hasil belajar fiska siswa”, jurnal program studi pendidikan fisika FKIP universitas mataram, mataram 2015.

Marjan Johari, Arnyana Putu, Dan Setiawan Nyoman, “ Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Peserta didik Ma Mu’allimat Nw Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur NTT”, Jurnal Program Studi Pendidikan Ipa, Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Indonesia, 2014.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservaso pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 38-35.

Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara 2013

Sirait Makmur, Dan Adilah Noer Putrid “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta didik”, Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Unimed, Medan, 2013.

Sukoharjo, Fokus, Pedoman Guru Menuju Pembelajaran Tuntas, Jakarta: CV Sindunata, 2012.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional, Pasal 3. (On-line) Tersedia di http://www.unpad.ac.id>uu20-2003-sisdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.