Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.117

Tirza Pangkali, Iriwi L.S. Sinon, Sri Wahyu Widyaningsih

Abstract


This study aims to determine and measuring the differences of the cognitive learning and activity on learners using direct instruction and cooperative TPS type in class XI IPA SMA Negeri 1 Sorong. This research is Quasi-experimental research which used The Matching Only Posttest Control Group Design. This study occur on two classes; XI IPA 1 as an experimental class and class XI IPA 2 as the control class. The results shows that the average cognitive achievement test at 78,82 and the average activity 88,66, while the control class 70,59 and the average activity 84,21. It shows the results of learning and activity using TPS type of cooperative learning more effective. The results of data processing using independent sample t-test, with significance level α = 5% obtained t = 2,396. Value ttabel =1,694 so thitung> ttabel which means H0 rejected, so there are significant differences of cognitive achievement between control and experimental class.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur perbedaan hasil belajar kognitif dan aktivitas peserta didik menggunakan model pembelajaran direct instruction dan kooperatif tipe TPS di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan The Matching Only Posttest Control Group Design. Penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 78,82 dan rata-rata aktivitas peserta didik 88,66, sedangkan kelas kontrol 70,59 dan rata-rata aktivitas peserta didik 84,21. Hal ini menunjukan hasil belajar dan aktivitas dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif. Hasil pengolahan data menggunakan Independent Sample t-test dengan taraf signifikan α = 5% diperoleh thitung = 2,396. Nilai ttabel=1,694 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dengan eksperimen. 



Keywords


aktivitas; hasil belajar; kooperatif tipe TPS

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2011). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Candra, F, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Disertai LKS dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.2 No.2.

Chasanah, U. U., Sinon, I. L. S., Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) dengan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari. Jurnal Pancaran. Vol. 5 No. 2.

Frankel, J.R., & Wallen, N.E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Eduacation (7th ad). Boston: Mc Graw Hill.

Galura, I.A., Mujasam, & Widyaningsih, S.W. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tipe Teams Games Tousnament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari. Jurnal Pancaran. Vol. 5 No. 2.

Giyastutik. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008. Skripsi, Universitas Sebelas Maret.

Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurmani, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Pemahaman Konsep pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 1.

Kusuma, F.W. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akutansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Monosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Vol 10 No. 2.

Kuswati, dkk. (2012). Eksperimentasi Metode Discovery dan Metode TPS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Negeri 26 Purworejo Tahun 2011/2012. Prosiding, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.

Marlina, dkk. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1 No. 1.

Bellina. S., & Motlan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siborongborong T.P. 2012/2013. Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). Vol 1 No. 3.

Mufidah, Lailatul. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematik. Vol. 1 No. 1.

Nurlaila, F, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TPS dengan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 2 No. 2.

Saenab, dkk. (2012). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Mangkutana. Jurnal Bionature. Vol 13 No. 2.

Sandra, Rika. (2009). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Hasil Belajar Biologi Biologi Peserta Didik pada Pokok Bahasan Peredaran Darah Kelas VIII 6 SMPN 8 Pekanbaru Tahun ajaran 2008/2009. Skripsi: Universitas Islam Riau.

Undang-undang. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Widyaningsih, S.W. (2011). Pembentukan Karakter Bertanggung Jawab dan Rasa Ingin Tahu Melalui Penerapan Metode Quantum Learning dengan Menggunakan Media Alat Peraga Sederhana pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA. Padang: Universitas Negeri Padang.

Widyaningsih, S.W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Pembelajaran Listrik Dinamis Model Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan CTL dengan Integrasi Nilai-nilai Karakter Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pancaran. Vol. 4 No. 2.

Widyaningsih, S.W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Quantum Learning Berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Panrita. Vol. 10 No. 3.

Yusuf, I., Widyaningsih, S.W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Jurnal Pancaran. Vol. 4 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.117

Article Metrics

Abstract views : 1041 | PDF downloads : 566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X