Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Disertai Handout: Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman

Nelfi Erlinda

Abstract


This research is motivated on yet optimal learning physics, so it leads to student lower learning outcomes. One way that can be done to solve the problem is to use methods of inquiry learning with handouts. The problems of this study is there any effect of applying inquiry learning methods with handouts on physics learning outcomes at class X MIA SMAN 1 Batang anai. The purpose of this study was to determine the effect of applying inquiry learning methods with handouts. The study population was all students of grade X MIA SMAN I Batang Anai enrolled in the Academic Year 2014/2015. The instrument used in this study is an objective test and observation sheet. Test data analysis used to test the hypothesis is t test. The conclusion of this study is there any  effect of applying inquiry learning methods with handouts on physics learning outcomes at class X MIA SMAN 1 Batang Anai.

Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya pembelajaran fisika, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan metode pembelajaran inkuiri disertai handout. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri disertai handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Batang Anai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri disertai handout. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIA SMAN I Batang Anai yang terdaftar dalam Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan lembar observasi. Uji analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri disertai handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Batang Anai.


Keywords


metode pembelajaran inquri; handout; hasil pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agustanti T.H. (2012). Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 16-20

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hani, Wardah Fajar. (2015). “Pengaruh Model Inquiry Training Disertai Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa (Fisika) Di MTs 1. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(4): 315 – 320.

Kunandar. (2013). Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurmasanti, Kiki. (2013). “Pengaruh Model Inkuiri Disertai Teknik Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Fisika Kelas X1 Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri Arjasa 1” Jurnal Pendidikan Fisika. 2(2): 251-256.

Sani, Ridawan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, & Nana. (2009). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Metedologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.