Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.1583

Mukarramah Mustari, Yunita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku saku fisika dan mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa buku saku fisika SMPkelas VII pokok bahasan suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dari Brog & Gall. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP PURNAMA berjumlah 25 peserta didik dan instrument pengumpulan data berupa angket, diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa buku saku. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian yang dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 87% berdasarkan penilaian ahli materi tahap akhir setelah perbaikan, ahli media dengan persentase 89% dengan kriteria sangat tinggi, dengan persentase 76% penilaian guru dengan kriteria tinggi, hasil respon peserta didik dengan persentase 92% dan 83% dengan kelompok besar dan kelompok kecil.

Development of Image Media in The Form of Physics Pocket Book on Temperature and Heat for Junior High School

The research aims to develop learning media in the form of physical pocketbooks and to know the students' response towards the eligibility of learning media in the form of physics Junior High School (SMP) pocketbook class VII subject temperature and heat. This is the development research of Brog & Gall. The subject of this research is the students class VII SMP PURNAMA as many as 25 students, and the instrument of data collecting is a questionnaire, given to material experts, media experts, and SMP science teachers to test the eligibility of learning media in the form of a pocketbook. The resulted data types are qualitative and quantitative which analyzed with category scoring criteria to decide the eligibility of the product. The developing research result is very eligible with percentage 87% based on material expert final after revision, media expert with percentage scoring 89% with higher criteria, 76% percent of teachers scoring with higher criteria, the response result of the students is 92% and 83% percentage with a big and small group. 


Full Text:

PDF

References


Adi, Y., Setyono, & Dkk. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika Berupa buletin dalam bentuk buku saku Untuk pembelajaran fisika kelas VIII Materi gaya ditinjau dari minat baca Siswa. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNS.

Al-qur’an dan terjemahnnya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro.

Asyhari, A., & Silva, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni.

Azis, A. (2014). Kompetensi Guru Dalam Penggunaan Media Dengan Mutu Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan, 5(1), 49–58. Retrieved from http://www.stkippgrismp.ac.id/jurnal-pelopor-pendidikan-3/

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, 1–11.

Ekawati, Y. (2013). Desain Media Pembelajaran Dalam Bentuk Buku Saku yang Berbasis Mobile Application menggunakan Player Air for Android pada Adobe Flash Professional CS 5.5 Untuk Materi Fisika SMA. Prosiding Fkip Uns, 4(1).

Hastuti, R., & Tiatri, S. (2012). Pendidikan Karakter Oleh Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta). Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam, 144–150.

Ilun, M. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 101–121.

Irwan, Muhammad Padli, N. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra’, 10(1), 1–14.

Jinan, M. (2015). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantar: Studi Kritis Pemikiran Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam. PROFETIKA (Jurnal Studi Islam), 16(2), 167–180.

Kesehatan, P. T. (2009). Standar Penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan.

Laksita, S. V., S., & Dkk. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dalam Bentuk Pocket Book Pada Materi Alat Optik serta Suhu dan Kalor Untuk Kelas X SMA.

Maryani, S., Martha, N., & Artawan, G. (2013). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4 Soromadi Kabupaten Bima NTB. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2), 1–15.

Mutmainah, Daningsih, E., & Marlina, R. (2014). Buku Saku Keanekaragaman Hayati Hasil Investasi Tumbuhan Berpotensi Tanaman Hias Di Gunung Sari Singkawang.

Oemar, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Penyusun, T. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putri, V. C., & Listiyadi, A. (2014). Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Ketintang Surabaya. UNESA, 1–9.

Qurrota’Aini, S. S., & Dkk. (2013). pocketbook as media of learning to improve students’ Learning motivatin. Jurnal Pendidikan Akuntansi, XI(2).

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.

Rochmat, W. (2009). Pembelajaran yang Efektif, Efisien, dan Menarik Sesuai dengan Perkembangan Teknologi Modern. Seminar Pendidikan, 1–11.

Rostitawati, T. (2014). Konsep pendidikan john dewey. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 133–139.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Subagyo. (2015). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Perusahaan Listrik Negara Rayon Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 1098–1112.

Sugiyono. (2012). 2012Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, & Nurul Hidayah, D. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X.

Sumiati, A. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Tati, N. (2016). Pembelajaran Psikologi Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida, 3(1), 74–92.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Wasty, S. (1999). Dasar dan Teori Pendidikan Dunia. Malang: Rineka Cipta.

Yuswanti. (2014). Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT . Lestari Tani Teladan ( LTT ) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 185–199. Retrieved from jurnal.untad.ac.id




DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.1583

Article Metrics

Abstract views : 2424 | PDF downloads : 1357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Physics Education Department, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampunge-ISSN 2503-023X