Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme pada Materi Fisika di Kalimantan Barat

Boisandi Boisandi, Handy Darmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari jenjang pendidikan subjek penelitian (SMP dan SMA Sederajat). (2) Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari pemberian tindakan. (3) Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap variabel terikat subjek penelitian. Metode penelitian ini adalah metode  deskriptif kuantitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian yang dikemukakan, maka subjek dalam penelitian ini diperoleh dari review laporan hasil penelitian sebanyak 5 (Lima) buah. Teknik pengumpulan data dalam meta analisis ini adalah observasi terhadap komponen-komponen yang diteliti pada beberapa laporan hasil penelitian dengan mengelompokkan berdasarkan kelompok-kelompok unit analisis. Hasil penelitian diperoleh Rerata pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari jenjang pendidikan subjek penelitian, Rerata hasil belajar dan respon siswa dari pembelajaran berbasis konstruktivisme ditinjau dari pemberian tindakan, dan Rerata pengaruh pembelajaran berbasis konstruktivisme terhadap variabel terikat subjek penelitian berkategori baik.

Meta-Analysis of The Influence of Constructivism based Learning on Physics Material In West Kalimantan

This study aims to determine: (1) average level of influence education to the subject of research (SMP and SMA equal) based constructivism. (2) average influence on giving action based constructivism. (3) Average influence on the learning toward dependent variable of subject research-based constructivism. The research method is quantitative descriptive. In accord with the purpose of the research, the subject in this study obtained from the review of 5 (Five) research results.The data collecting technique in this meta-analysis is an observation of the components examined in several reports of research results by a grouping of units-analysis. The research result obtained from the education level based constructivism, the average of learning outcomes and the students' responses based constructivism regarding giving the action, and the effect of learning based constructivism on the dependent variable is medium categorized.


Keywords


fisika, konstruktivisme, meta analisis.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2017). Efektivitas dan Kendala Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri terhadap Capaian Dimensi Kognitif Siswa : Meta Analisis. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 1–9.

Ariesta, R., & Supartono. (2011). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar II Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 62–68.

Chujaemah, N., Yuliana, S., Utaminingsih, S., Triyono, & Budi, H. S. (2013). Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Bangun Ruan. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(2), 1–7.

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 47–52.

Maryam, I. (2016). Surya Edukasi : Pengaruh Pembelajaran Open-Ended Dan Konstruktivis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa 26. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 26–41.

Matthew, B. M., & Kenneth, I. O. (2013). A Study on The Effects of Guided Inquiry Teaching Method on Students Achievement in Logic. International Researchers, 2(1), 133–140.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurussaniah, & Nurhayati. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Priosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), V, 63–68.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(April), 47–55.

Rini, P. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning dalam Mereduksi Disparitas Gender pada Capaian Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 57.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–243.

Suciati. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. In Prosiding Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Sukamto. (1988). Perencanaan & Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Sukiman. (2008). Teori Pembelajaran Dalam Pandangan Konstruktivisme dan Pendidikan Islam. Kependidikan Islam, 3(1), 59–70.

Sumarsih. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Pendidikan Akutansi Indonesia, VIII(1), 54–62.

Sutjipto, H. . (1995). Aplikasi Meta-analisis dalam Pengujian Validitas Item. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13–27.

Ummi, H. U., & Mulyaningsih Indrya. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 42–52.

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Modul Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213–222.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.