Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Tri Ariani

Abstract


The research aims to know the influence of students studying physics by using cooperative learning model Team Assisted Individualization (TAI) type in learning physics on class X SMAN 8 Lubuklinggau the Academic Year 2016/2017. This type of research is experimental research, the research design used in the form of pre-test and post-test control group design. Data collection techniques in this research are essay test in the form of as much as seven items. The essay is to determine students’ learning outcomes in the cognitive domain. The samples were taken from class X.1  and class X.2. The average value of the experimental class in initial tests was at 40.64 and 83.41 for the final test. While the average value of the initial test in control class was at 32.16 and for the final test at 75.73. With t = 2.604 df = 48 and α = 0.05, ttable value is 1.684. So tcount> ttable, then accept and reject H0 Ha. Based on this analysis we can conclude the results of the experimental class which is learning using cooperative learning model Assisted Individualization Team (TAI) type is higher than the average value of the control class that using conventional cooperative learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian berbentuk pre-test dan post-test kontrol group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berbentuk soal essay sebanyak 7 butir soal. Kelas sampel diambil kelas X.1 dan kelas X.2. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada tes awal sebesar 40,64 dan tes akhir sebesar 83,41. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada tes awal sebesar 32,16 dan pada tes akhir sebesar 75,73. Dengan thitung = 2,604 dk = 48 dan α   = 0,05, maka nilai ttabel adalah 1,684. Jadi thitung> ttabel, maka terima Ha dan tolak H0. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar fisika siswa.


Keywords


fisika, hasil belajar, kognitif, kooperatif tipe time assisted individualization.

References


Abidin. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gumrowi, A. (2016a). Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui Simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 105–111. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.110

Gumrowi, A. (2016b). Strategi Pembelajaran melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 183–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.118

Herlanti, Y., Rustaman, N. Y., Rohman, I., & Fitriani, A. (2012). Kualitas Argumentasi pada Diskusi Isu Sosiosaintifik Mirobiologi melalui Weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 168–177.

Hermawan, H., & Paloloang, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajugan Pada Operasi Hitung Campuran. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 44–60.

Khusaini. (2017). Analysis of Prospective Physics Teachers’ Feedback on Online Peer-Assesment. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 41–48. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i1.6509

Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22.

Marlinda. Abdul Halim. Ilham Maulana. (2016). Perbandingan Penggunaan Media Virtual Lab PhET (Physics Education Tekhnology) dengan Metode Eksperimen terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 69–82.

Perdana, A. S. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantukan PhET Interactive Simulations pada Materi Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 73–79.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saregar, A., Diani, R., & Kholid, R. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) Dan Model Pembelajaran TAI ( Team Assisted Individualy ) : Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, 3(1), 28–35.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–243. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students ’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal Of Education and Practice, 6(32), 27–31.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wardani, N. C. A., Suwatra, I. W., & Wirya, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization ( TAI ) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 di SMP NEGERI 1 BANJAR. Jurnal Edutech, 2(1).

Yulianti, D., & Putra, N. M. D. (2012). Upaya Mengembangkan Learning Community Siswa Kelas X SMA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis CTL pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 57–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 tri ariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X