Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.592

Zakirman Zakirman, Hidayati Hidayati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar audio-visual untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi kalor. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar audio-visual yang valid, praktis serta dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Tahap Dessiminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu dan biaya. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas SMP N 1 Pariaman. Terdapat dua instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: lembar validasi terkait dengan penilaian ahli dalam bidang fisika terhadap kebahasaan, substansi materi, tampilan bahan ajar, desain pembelajaran serta software dan lembar praktikalitas guru serta siswa terkait dengan penilaian keterpakaian produk dalam kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan, inti dan penutup. Berdasarkan hasil uji validitas produk kepada dosen ahli fisika didapatkan rata-rata penilaian sebesar 85,9 dengan kategori sangat valid. Produk yang dikembangkan juga praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran menurut guru dengan rata-rata penilaian 85,6 dan praktis menurut siswa dengan rata-rata penilaian 85. Berdasarkan hasil uji statistik untuk tes awal dan tes akhir siswa didapatkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar video dan animasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kalor.

Practicality of Video and Animation Media in Junior High School Physics Learning

The lack of audio-visual teaching materials to improve students’ understanding of the heat material is the background of this research. The purpose of this research is to produce audio-visual teaching materials that are valid, practical and can improve students understanding of the matter of heat. This type of research is research and development with 4D stages (Define, Design, Development, and Disseminate). The existence of time and cost constraints disseminate stage is not done. The sampling technique in this research is Cluster Random Sampling. The sample of this research is the students of class  SMP N 1 Pariaman. There are two instruments used to collect data in this research: validation sheet related expert assessment of Physics to linguistic, material substance, display of teaching materials, design of learning, as well as making software, and sheets of practicality of teachers and students related to assessment of product usage in learning activities in exploration, elaboration and confirmation. Based on the result of the product validity test the lecture of Physics got the average appraisal of 85,9 with very valid category. The product is also practically used in the learning activities according to the teacher with the average assessment 85,6 and practical according to the students with the average appraisal 85. Based on the result of statical tests for the initial test and the final test of students obtained t-test higher than t-table, so it can be concluded that the use of video and animation teaching materials can improve students understanding of the heat matter.


Keywords


bahan ajar; video dan animasi; praktikalitas; pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Wibowo, A. A. (2014). Pengembangan Media Audiovisual Interaktif Mencatat Transaksi Berdasarkan Mekanisme Debet/Kredit Kelas XI Sman 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Dina, U. (2011). Animasi dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 44-52.

Viajayani, E. R., Radiyono, Y., & Rahardjo, D. T. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Khristiani, Y. (2013). Analisis Ragam dan Perubahan Konsepsi Kalor Siswa SMA Negeri 5 Malang. Universitas Negeri Malang. (Online). Tersedia di http://jurnalonline. um. ac. id/data/artikel/artikel75B8863350464B43D60C1A0BB9 799C26. pdf (diakses pada 1 April 2016).

Rabindranath, A. P. 2013. Perancangan Animasi sebagai Media Pembelajaran tentang Pencegahan Osteoporosis Sejak Usia Remaja (Bachelor Thesis). Diperoleh dari google.

Nurhayati. (2008). Studi Perbandingan Metode Sampling antara Simple Random dengan Stratified Random. Jurnal Basis, Vol 3, pp. 1-15.

Hartiti, R. (2013). Penerapan Media Animasi Flash dalam Pembelajaran Motif Batik Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Menganti. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1).

Kasih, R. (2011). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Keseimbangan Benda Tegar di SMA (Unpublished Bachelor Thesis). Program Studi Pendidikan Fisika UNP, Padang.

Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan media animasi fisika pada materi cahaya dengan aplikasi flash berbasis android. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3(1).

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wanda, Ari. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pelangi Pendidikan, 94-105.




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.592

Article Metrics

Abstract views : 890 | PDF downloads : 370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zakirman M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X