Pembelajaran Fisika menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-MX dan Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa

Hadma Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan menggunakan Media Animasi Macromedia Flash – MX dan Gambar pada mata kuliah Fisika Kuantum; (2) Untuk mengetahui respon mahasiswa setelah diterapkan Media Animasi Macromedia Flash – MX dan Gambar pada mata kuliah Fisika Kuantum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai pretest pemahaman sebelum dilaksanakan pembelajaran oleh peneliti sebesar (33,02) tidak jauh berbeda dengan nilai pada post test (46,25), nilai gain yang diperoleh sebesar (13,23), nilai N-gain yang diperoleh (0,19) dengan kategori rendah. Terdapat peningkatan pembelajaran fisika kuantum dengan menggunakan Media Animasi Macromedia Flash – MX dan Gambar pada mata kuliah Fisika Kuantum dengan kategori rendah; (2) Respon mahasiswa terhadap pembelajaran fisika kuantum dengan menggunakan Media Animasi Macromedia Flash – MX dan Gambar pada mata kuliah Fisika Kuantum pada umumnya siswa menyatakan senang (100 %), siswa merasa baru (100 %), dan siswa merasa bermanfaat (100 %), Respon untuk perasaan mahasiswa terhadap Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) aplikasi persamaan Schrodinger untuk sistem potensial sederhana umumnya menyatakan sulit (85%) dan respon mahasiswa untuk soal-soal aplikasi persamaan Schrodinger untuk sistem potensial sederhana dianggap masih sulit (90%).

Physics Learning using Macromedia Flash-MX Animation Media and Picture to Improve Students’ Concepts Understanding

The objectives of the study are: (1) to measure the improvement of the conceptual understanding of the students by using Animated Macromedia Flash – MX and Picture in Quantum Physics Subject; (2) to describe the respond of students after using Animated Macromedia Flash – MX and Picture in Quantum Physics Subject. The result of the study shows that: (1) The Pretest score of understanding before using Animated Macromedia Flash – MX and Picture are 33,02, which is not significantly different than post-test score 46,25, The gain score achieved is 13,23, the N-gain score achieved is 0,19 with a low category. There is an improvement of teaching-learning Quantum Physics subject using Animated Macromedia Flash – MX and Picture with low category; (2) the students’ response toward teaching and learning of Quantum Physics subject using Animated Macromedia Flash – MX and Picture are positive (100 %), the students consider the media as something new and beneficial (100 %), the students’ response towards Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) application of Schrodinger equation for simple potential system is considered difficult (85%) and the students’ response towards the questions of Schrodinger equation for simple potential system are still considered difficult (90%).


Keywords


media animasi; media gambar; macromedia flash- MX; pemahaman konsep; respon siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abdurrahman et al. (2011). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Seminar Cakrawala Pendidikan Th.XXX No.1.hal 30.

Astupura, D.A., & Yuliani, H. (2015). Korelasi Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal EduSains, 3 (2) 112-124.

Astupura, D.A., & Yuliani, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal EduSains, 4 (2) 15-27.

Handika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran Im3 Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2) 109-114

Hobson, A. (1996). Teaching Quantum Theory in the Introductory Course. The Physics Teacher, hal. 202-210.

Kumalasari, R., Suptiatin, A., & Yuliani, H. (2015). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal EduSains, 3 (2) 99-111.

Nurhayati. (2015). Pengaruh Modul Berbasis Konstruktivis Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum, Jurnal Edukasi dan Matematika, 3 (1) 54-61.

Sarabando, C., Cravino J. P., & Soares, A. A. (2014). Contribution of a computer simulation to students’ learning of the physics concepts of weight and mass. Procedia Technology, 13, pp. 112 – 121.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1) 53-60.

Serway, R. A. & Jewett, J. W. (2010). Fisika Untuk Sains dan Teknik Buku 3 Edisi 6. Jakarta: Salemba Teknika.

Su, K-Dow & Yeh, S-Chuan. (2015). Effective Assessments of Integrated Animations to Explore College Students’ Physics Learning Performances. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 176, pp. 588– 595.

Yuliani, H., Sunarno, W., & Suparmi. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. INKUIRI, 1 (3) 207-216




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.