Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa

Petri Reni Sasmita

Abstract


Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 8 Kerinci Pada Konsep Cahaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar dan Hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 40 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas belajar siswa meningkat. Pada siklus I rata-rata skor sebesar 16 dengan kriteria kurang, pada siklus II sebesar 20 dengan kriteria cukup, dan siklus III sebesar 26 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa juga meningkat pada setiap siklus. Kriteria peningkatan hasil belajar diperoleh dari nilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Implementation of Guided Inquiry Method using KIT Physics Media: An Effort to Improve Students’ Activities and Physics Learning Outcomes

The applicability of the guided inquiry method uses the physics tool KIT to improve the results of students in learning physics at class 8 SMPN 8 Kerinci on the concept of light. This research is a classroom action research conducted in three cycles, that aims to determine the increase of learning activities and students' learning outcomes. The research subject is students of class 8 totals 40 students. The data obtained from the test and observation sheets were analyzed using descriptive statistics. This research was conducted through four stages; planning, implementation, observation, and reflection. The results of this study show that activity increases student learning. In cycle I the average score at 16 with less criteria, in cycle II of  20 criteria enough, and cycle III of 26 criteria good. The students learning outcomes also increased in each cycle. Criteria for the improvement of learning outcomes derived from the value of attitude, skill, and knowledge. 


Keywords


aktivitas belajar; hasil belajar siswa; metode inkuiri terbimbing; KIT Fisika

Full Text:

PDF

References


Amri, S., & Ahmad, K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovaif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik) Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Cantrell, P. (2012). Using Test Blueprints to Measure Student Learning in Middle School Science Classrooms. The Researcher, 24(1), 55-71.

Deta, U. A., & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Hani, W. F. (2016). Pengaruh Model Inquiry Training disertai Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 315-320.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Jacobsen, D.A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods For Teaching Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar siswa TK-SMA. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, M. (1995). Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta: Depdikbud.

National Research Council. (1996). National Science Education Standards. Washington, DC: National Academy Press.

Erlinda, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Disertai Handout: Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Batang Anai Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 225-233.

Sakti, I. (2011). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Fisika dengan Metode Inkuiri Berbasis Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Laporan Hibah

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.

Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi, 5(1).

Silberman, M. L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Alih Bahasa oleh Raisul Muttaqin. Bandung: Nusamedia.

Suparno, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publizher.

Victor, E., & Kellough, R. D. (2004). Science k-8: An integrated approach (10th ed.). Saddle River, NJ: Pearson

Widayanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.