Implementasi Pembelajaran Bervisi SETS di Sekolah

Sri Latifah

Abstract


Pembelajaran tentang alam harus dapat disajikan sebagai suatu proses penemuan dan terkait dengan pengalaman peserta didik, sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat lama, dapat diingat, dan mampu meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berfikir bebas. Peran pendidik sebagai narasumber yang bijak dan berpengetahuan serta berfungsi sebagai sutradara yang mengendalikan proses pembelajaran dan siap membantu siswa apabila ada kemacetan proses pembelajaran atau melantur tanpa arah. Wawasan SETS (Science, Environment, Technology, Society) yang diaplikasikan ke dalam proses pembelajaran Fisika diharapkan dapat membawa sistem pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan pengetahuan yang diperolehnya guna meningkatkan kualitas hidup manusia tanpa harus membahayakan lingkungannya.

Keywords


model SETS, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aidibarasa. (2013). Pengertian Bahan Ajar menurut buku dan para ahli.[Online].Tersedia: http://www.wordpress.pdf. (13 Januari 2013).

Brog and Gall. (2006). Educational Research, Longman, New York.

Depdiknas. (2009). Materi Diklat/Bimtek KTSP. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Dinata, Sukma .(2005). Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja, Bandung.

Mamat SB, Abdul Munir, dkk. (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Departemen Agama RI. Jakarta.

Marno. (2011). Modul Pengembangan Bahan Ajar PAI pada Sekolah. Diktorat Pendidikan Agama Islam. Jakarta.

McMillan, J dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Introduction.New York: Addison Wesley Longman.

Mulyasa.(2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual . Bumi Aksara. Jakarta.

Prastowo, Andi. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva Press. Yogyakarta.

Prihantoro, Laksmi, dkk. (1996). Buku Materi IPA Terpadu. Karunika. Jakarta.

Rayandra Asyhar. (2012) Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi. Jakarta.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i1.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.