Praktikalitas Video Tutorial pada Matakuliah Eksperimen Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa

Sri Maiyena, Venny Haris

Abstract


There is no learning media yet except experiment modul on experiment subject that cause the lack on students science process skill. As a result, it encouraged researcher to do research developmet about learning media i.e tutorial video. The objective of this reseach is to know practicality of tutorial video of experiment physics subject to increase science proccess skill of the student. This research is research and developmen research. The result of video tutorial had been validated and then tested to the student of physics education 7th semester of IAIN Batusangkar. Based on questionnaire, it showed that tutorial video of experiment physics subject for increasing students’ science process skill is very practically used.

Belum adanya media pembelajaran selain modul praktikum cetak pada mata kuliah eksperimen fisika menyebabkan kurangnya keterampilan proses sains mahasiswa. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan sebuah pengembangan media pembelajaran berupa video tutorial pada mata kuliah eksperimen fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktikalitas dari video tutorial pada mata kuliah eksperimen fisika untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Hasil video tutorial yang telah divalidasi dilakukan uji coba terbatas kepada mahasiswa semester VII Jurusan pendidikan Fisika IAIN Batusangkar. Berdasarkan hasil angket respon juga diketahui bahwa video tutorial pada mata kuliah eksperimen fisika untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa sangat praktis digunakan.


Keywords


eksperimen fisika; keterampilan proses sains; video tutorial

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta utara: PT Rajagrafindo Persada.

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Yogi, N. D. (2015). Penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa teknik gambar bangunan smk n 1 seyegan pada mata pelajaran menggambar dengan autocad (Doctoral dissertation, UNY).

Erniwati, E., Eso, R., & Rahmia, S, (2014). Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA-Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10 (3) 269–273.

Okimustava, O., Ishafit, I., Suwondo, N., Resmiyanto, R., & Praja, A. R. I. (2014). Pengembangan Kuliah Eksperimen Fisika dengan Teknologi Multimedia. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(1).

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Bumi Aksara.

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02).

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivis dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Semiawan, C., Tangyong, A. F., Belen, S., Matahelemual, Y., & Suseloardjo, W. (1992). Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: Gramedia.

Tim Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, cet. III.

Yuliani, H. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. INKUIRI, 1(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.