Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran

Zeni Gunawan

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah sesuatu teknologi baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola data/informasi dan komunikasi. Dalam prakteknya teknologi diwakili oleh komputer (perangkat keras) dan program-program aplikasi (perangkat lunak). Data/informasi yang dikelola dan dihasilkan dalam bentuk berbagai media, seperti teks, grafik, gambar diam, foto, film, animasi, dan simulasi. Cara-cara berkomunikasinya memungkinkan untuk dilakukan secara maya.


Keywords


berbasis TIK, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Gijselaers, W.H. 1996. Connecting Problem-Based Practices with Educational Theory. NeDiection for Teaching and Learning No. 68. p. 13-21.

Jossey Bass Publisher. Hardjito. 2005. Jurnal Internet untuk Pembelajaran, www.pustekkom.go.id. Diakses 21 Juli 2006.

Ibrahim, M., & Nur, M. 2004. Pembelajaran Berdasar-kan Masalah.Unesa-University Press. Surabaya.

LaWson, A.E. 1998. Science Teaching and The Develop-ment of Thinking. California:Wadworth Publish-ing Company.

Liu, M. 2005. Alien Rescue: A Problem-Based Learning Environment for Middle School Science. http: //tip.missouri.edu/tip.nsf/0/D03C1427DD93E76F86256BE7007FB59F? OpenDocument. Diakses 3 Juni 2006.

McKnight, C. & Dillon, A. 1996. User Centered Design Hypertext/Hypermedia for Education. Handbook of Research for Educational Communication and Technology, ed. David H. Jonassen. London : Prentice Hall International.

Novak, J.D. & Gowin.D.B.1985. Learning How to Learn. New York: Cambride University Press.

Santyasa, I.W, Suwindra, I N.P, Sujanem, R., & Suardana, K. 2005. Pengembangan Teks Fisika Bermuatan Model Perubahan Konseptual dan Komunitas Belajar Serta Pengaruhnya terhadap Perolehan Kompetensi Siswa Kelas I di SMU. Laporan Penelitian. RUKK Tahun I 2005.

Suwindra, I.N.P. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Web di Kelas I SMU Negeri 1 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran No 3 Th XXXVII Juli 2004 hal. 85-95.

Turner, S. V., & Handler, M. G. 1997. Hypermedia in Education: Children as Audience or Authors? Journal of Information Technology for Teacher Education, 6 (1), 25-35.

Theyßen, H. 2006. Students' Attitudes Towards The Hypermedia Learning Environment "Physics for Medical Students" [Online]. EURODOL. Terse-dia:[http://www.idn.uni- bremen.de/] Diakses 15 April 2006.

Williams, D.C., Pedersen, S., & Liu, M. 1998. An Evaluation of the Use of Problem-Based Learning Software By Middle School Students. Journal of Universal Komputer Science vol 4 issue 4 hal 466-483.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v3i1.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.