Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika

Mukarramah Mustari

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan sosial dan hasil belajar fisika melalui pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi dan eksperimen yang dilangsanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darul Arqam Gombara Makassar kelas VII Putri. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil  penelitian ini diperoleh data bahwa, Aktivitas belajar peserta didik selama pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi dan eksperimen berlangsung telah sesuai yang diharapkan, begitu pula dengan hasil belajar fisika peserta didik mengalami peningkatan  yakni rata-rata skor peserta didik pada siklus I 55,8, siklus II 66,5 dan siklus III 79,3. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode diskusi dan eksperimen dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII Putri SMP Darul Arqam Gombara Makassar.

Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, PTK 


Full Text:

PDF

References


Bloom, B, S (Ed). 1984. Taxonomy of Educational objectives. New Tork : Longman, Inc.

Brandt, R.S. (1985). "Comparing Approaches to Teaching Thinking" dalam Costa, A.L. Developing Minds : A Resources Book for Teaching Thinking.

Alexandra, Virginia : jurnal, Association for Supervision and Curriculum Development, (diakses tanggal 5 Januari 2012).

Chairani. 2003. Model-model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Usaha Nasional

Conant, J.B. Gresham & Reschly (dalam Gimpel dan Merrell). 1998. General Education in a Free Society. Cambridge, Massachusstetts : jurnal (http://jurnalketerampilansocial.ac/, diakses tanggal 5 Januari 2012).

Hopkins, D. 1997. A teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia : Open University Press.

Ibrahim, M. et, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press.

Imam Suyitno. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran. Cara Mudah dalam Perencanaan Tindakan Kelas (PTK). Bandung. Refika Aditama.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara Peserta Didik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Johnson & Johnson.1999. Cooperatif Learning in the Classroom.Virginia, Association for Supervision and Curriculum Development.

Junaidi. 2010. Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik, (online), (http://wawan junaidi.blogspot.com/2010/07/aktivitas-belajar-peserta didik.html, Diakses 16 Januari 2012).

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Perss PT Rajagrafindo Persada.

Libet dan Lewinsohn (dalam Cartledge dan Milburn). 1995. Social Skill. Cambridge, Massachusstetts : jurnal (http://jurnalketerampilansocial.ac/, diakses tanggal 5 Januari 2012).

Martinus, Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Peserta Didik. Jakarta : GaungnPersada Press.

McConnell, T.R. (1952). General Education : An Analysis, dalam Henry, N.B. Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

Prayitno. (1980). Dinamika Kelompok & Kerja Kelompok. Jakarta : P3G Depdikbud.

Rachmadiarti. 2001. Model Pembalajaran Kooperatif Tipe STAD. (online), (http://www.pembelajarankooperatif_tipeSTAD.com/, Diakses tanggal 5 Januari 2012).

Raven, J. 1977. Education, Values, and Society : The Objectives of Education and the Nature and Development of Competence. London . HK Lewis & Co. Ltd. Jurnal. online, (http:// Social Studies in Elementary Education/, diakses tanggal 6 Januari 2012)

Sarimanah, Eri. 2009. Konsep Dasar Tes dan Pengukuran Hasil Belajar. Online.(http://eri-sarimanah.blogspot.com/). Diakses 11 November 2011.

Slavin, R. E. 1992. Cooperatif Learning. USA : Ally and Bacon

Sudjana, HD. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production.

Sudjana, N.1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Tien Kartina. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Publish : 06-08-2011 00:01:19, Jurnal (online), (http://jurnal.ecs.ac/, diakses tanggal 5 Januari 2012).

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat jenderal.

Trivena. 2009. Penerapan fase eksplorasi dalam pendekatan konstruktivisme untuk meningkatakan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 3 Polewali. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar. Program Sarjana Pendidikan Fisika UNM.

Yulitmoko. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, (online), (http://www.pembelajarankooperatif.co.id/,. Diakses tanggal 5 Januari 2012).

Yulitmoko. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Ilmu Pendidikan, (online), (http://www.pembelajarankooperatif.co.id/,. Diakses tanggal 5 Januari 2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v4i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.