Pengaruh Challenge Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Keingintahuan terhadap Prestasi Belajar Siswa

Sodikin Sodikin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model challenge based learning (CBL) dengan metode eksperimen dan proyek, sikap ilmiah, keingintahuan belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X2 dan X3 yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas X2 diberi model CBL dengan metode eksperimen dan kelas X3 diberi model CBL dengan metode proyek. Uji hipotesis menggunakan Anava. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan: 1) ada pengaruh model CBL dengan metode eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar kognitif sedangkan afektif dan psikomotorik tidak ada pengaruh; 2) ada pengaruh keingintahuan belajar terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif sedangkan prestasi belajar psikomotorik tidak ada; 3) ada pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif siswa, sedangkan pada afektif dan psikomotorik tidak ada; 4) tidak ada interaksi antara pengaruh model CBL dengan metode eksperimen dan metode proyek dengan keingintahuan belajar terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; 5) tidak ada interaksi antara pengaruh model CBL dengan metode eksperimen dan metode proyek dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; 6) tidak ada interaksi antara pengaruh keingintahuan belajar dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa; 7) tidak ada interaksi antara pengaruh model CBL dengan metode eksperimen dan metode proyek, keingintahuan belajar, dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

Kata Kunci: CBL, keingintahuan, pembelajaran eksperimen, sikap ilmiah 


Full Text:

PDF

References


Baloian dan Nelson. (2001). Implementing the Challenge Based Learning in Classroom Scenarios. Parts of this work have been supported by the European IST project no.–32327.

Cheung, Ronald S. (2010) Challenge Based Learning in Cybersecurity Education. International Journal of Social Sciences. Department of Computer Science, University of Massachusetts, Boston, MA, USA. (cheungr@cs.umb.edu)

Jatmiko, P.S. (2011). Penerapan challenge based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep listrik dinamis dan keterampilan berpikir kreatif siswa sma. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.

Liu. (2005). Motivating Students Through Problem-based Learning. University of Texas – Austin. Jurnal of interactif Learning Research (2006) 17 (3), 225-242

Ratna Wilis Dahar. (1989) Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, Paul. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivis dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Winkel, W.S. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v4i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.