Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Minds Want To Know di SMP Negeri 17 Kota Jambi

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i1.87

Rahma Diani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIID SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 48,04% pada siklus I menjadi 70,03% pada siklus II dan 84,19% pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 5,13 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 22 orang (52,38%) pada siklus I menjadi 6,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 30 orang (71,43%) pada siklus II dan menjadi 7,01 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 36 orang (85,71%) pada siklus III. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas VIIID SMP Negeri 17 Kota Jambi pada pokok bahasan cahaya dan alat-alat optik.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to kno


Full Text:

PDF

References


Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muchith, M. S., 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Madia Group.

Silberman, M. L., 2009. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Suparno, P., 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktifistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Zaini, H., Munthe, B., Aryani, S. A., 2008. Strategi Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i1.87

Article Metrics

Abstract views : 463 | PDF downloads : 349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X