MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL ISLAMI ANAK SEJAK DINI

https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v10i1.1823

Ida Firdaus

Abstract


Abstrak

Untuk merealisasikan pelaksanaan kegiatan pendidikan pada anak usia dini serta guna mencapai hasil yang menggembirakan, para pendidik hendaklah senantiasa mencari berbagai metode yang efektif, serta mencari kaidah-kaidah pendidikan yang berpengaruh dalam mempersiapkan dan membantu pertumbuhan anak usia dini, baik secara mental dan moral, spiritual dan etos sosial, sehingga anak dapat mencapai kematangan yang sempurna guna menghadapi kehidupan dan pertumbuhan selanjutnya. Dengan bersumberkan kepada Al Qur-an dan hadis, ada beberapa metode pendidikan Islam yang dapat dan layak diterapkan pada kegiatan pendidikan terhadap anak usia dini. Kecerdasan anak pada sisi spiritual bergantung pada orangtua dan keluarganya sebagai tempat belajar pertama (sekolah dan lingkungan sekitarnya merupakan tempat belajar kedua). Jika keluarga (dalam hal ini orangtua) kurang memperhatikan aspek spiritual, maka dengan sendirinya sulit ditemukan anak yang memiliki kecerdasan spiritual. Tingkatan spiritual pada diri anak pun dapat berbeda-beda bergantung bagaimana pendekatan yang digunakan terhadapnya.

 

Kata Kunci: Kecerdasan, Spiritual Islami, Anak Usia Dini

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Aziz Abdul Majid, Mendidik dengan Cerita, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

Adi W. Gunawan, Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003

Abu Sayyid, Mendidik Anak Bersama Nabi SAW , Solo: Pustaka Arafah, 2004.

Al-Maghribi Bin as-Said al-Maghribi, Kaifa Turabbi Waladan Shalihan, terj. Zainal Abidin, Begini Seharusnya Mendidik Anak, Panduan Mendidik Anak Sejak Masa Kandungan Hingga Dewasa, Jakarta: Darul Haq, 2004

Al-Husaini Abdul Majid Hasyim, dkk. Al-Manhajul Islami Fi Ri’ayati Thufulah, terj. Abdullah Mahadi, Pendidikan anak Menurut Islam Sebuah Pendekatan Praktis, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000

Ary Ginanjar Agustian, Emotional Spiritual Quotient, Jakarta: Arga, 2001

Asmaran, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002

Dadang Hawari, Al-Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 1995

Danah Zohar dan Ian Marshall, Spiritual Quotient, Bandung: Mizan, 2001

Darajat, Zakiah Ilmu Jiwa Belajar Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

FJ. Monks.A.M.P Knoers, Siti Rahayu Haditono, Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya, Yogyakarta: Gajah Mada University, 2002

Hamdan Rajih, Spiritual Quotient For Children Agar Si Buah HatiKuat Imannya dan Taat Ibadahnya, Yogyakarta: Diva Press, 2005

Irwanto, dkk, Psikologi Umum, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991

Jalaluddin, Mempersiapkan Anak Saleh Telaah Pendidikan Terhadap Sunnah Rasul Allah SAW, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000

Kartini Kartono, Hygiene Mental, Bandung: Mandar Maju, 2000

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Miqdad Yaljan, Daurut Tarbiyah Al-Akhlaqiyah Al-Islamiyah Fi Bina’il Fardi wal Mujtama’ wal Hadharah Al-Insaniyah, Terj. Tulus Musthofa, Kecerdasan Moral (Aspek Pendidikan Yang Terlupakan), Yogyakarta: Talenta, 2003

Miqdad Yaljan, Potret Rumah Tangga Islamy, Penj. Salim Bazemool, Al-Baitul Islami, Solo: Pustaka Mantiq, 1993

Muhammad Suwaid, Manhaj At-Tarbiyyah An-Nabawiyyah Lit-Thifl, terj. Salafuddin

Mustofa, Assalam Panduan Mengajar Bayi Anda Membaca Al-Qur’an Sejak Dalam Kandungan, Yogyakarta: Assalam Ambarawa, 2005

Muhammad Zuhaili, Pentingnya Pendidikan Islam Sejak Dini, Jakarta: Ba’dillah Press, 2002

MJA. Nashir, Bela Studio Membela Anak Dengan Teater, Yogyakarta: Kepel Press, 2001

Mohammad Ali dan Marpuji Ali, Mazdab Al-Maun Tafsir Ulang Praksis Pendidikan Muhammadiyah, Jogyakarta: Abe Offset, 2005

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997

Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Popular, Surabaya: Arkola, 1994

Rusli Amin, Menjadi Remaja Cerdas Panduan Melejitkan Potensi Diri, Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2003

Soenarjo, dkk., Departemen agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Thoha Putra, 1995

Sir Godfrey Thompson, A Modern Philosophy of Education, London, 1959

Suharsono, Mencerdaskan Anak, Jakarta: Inisiasi Press, 2004.

Suharso, Melejitkan IQ, IE, & IS, Jakarta: Inisiasi Press, 2001

Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak dalam Islam Cet. I; Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Utsman Najati, Al-Hadiis Al-Nabawi wa ‘Ilmu Al-Nafs, terj. Irfan Salaim, Belajar EQ dan SQ Dari Sunnah Nabi, Jakarta: Hikmah, 2003

Wahid Ahmadi, Risalah Akhlak Panduan Perilaku Muslim Modern, Solo: Era Intermedia, 2004

WJS Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1976

Yahya Jaya, Spiritualisasi Islam Dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian Dan Kesehatan Mental, Jakarta: Ruhama, 1994

Zainuddin, dkk., Seluk beluk Pendidikan Dari al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 1991

*Dra. Ida Firdaus, M.Pd. adalah Dosen tetap Jurusan Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin IAIN RAden Intang Lampung. Saat ini sedang menyelesaikan studi S3 di Program PAscasarjana IAIN Raden Intan Lampung




DOI: https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v10i1.1823

Article Metrics

Abstract views : 110 | PDF downloads : 76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'an dan Al-Hadits

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All Publication by AL-DZIKRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AL_DZIKRA Indexed by: