WAWASAN AL-QUR’AN TENTANG AL-ISLAM

Suhandi Suhandi

Abstract


 

Abstrak

 

Term “Islam” yang diungkapkan dalam al-Qur’an terdapat 23 ayat yang tersebar pada 13 surat. Dan ungkapan-ungkapan tersebut mengandung makna yang berbeda-beda.Makna yang terkandung dalam kata “Islam” di dalam al-Qur’an diantaranya mengandung makna: Menundukkan wajah, berserah diri, suci bersih, salam sejahtera, perdamaian.Sedangkan kedudukan Islam dalam al-Qur’an antara lain adalah sebagai wahyu ilahi, sebagai agama nabi dan rasul, sebagai hukum-hukum Allah, sebagai jalan yang lurus, sebagai jalan keselamatan dunia dan akhirat, sebagai agama yang benar, sebagai agama yang sempurna.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamka, Tafsir Al-Azhar, PT. Citra Serumpun Padi, Jakarta, 2006.

Index al-Qur’an

Qamaruddin Shaleh dkk., Asbabun Nuzul: Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al-Qur’an, CV. Diponegoro, Bandung, 1975.

Quraish Shihab, Membumuikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Mizan, Bandung.

Quraisy Shihab, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Lentera Hati,, Jakarta, 2002.

Syaikh Asy-Syanqithi, Adhwa’ul Bayan, Terj. Fathurrazi, Pustaka Azzam, Jakarta, 2006.

Syeikh M.hammad Ghazali, Nahw Tafsir Maudhlu’iy Li Suwar al-Qur’an, Terj. Qodirun Nur dan Ahmad Musyafiq, Gaya Media Pratama, Jakarta, 2005.

Tafsir Ibnu Katsir, Terjemah Salim bahreisy dan Said Bahreisy, PT. Bina Ilmu, Surabaya, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-dzikra.v10i1.1824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Suhandi Suhandi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

    

Al-Dzikra [ISSN: 1978-0893, e-ISSN: 2714-7916] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Office: Gedung Dekanat Lama Lt. 2, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, KP. 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-dzikra/index, email: aldzikra@radenintan.ac.id

Creative Commons License
Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan al-Hadits is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.