Kisah Qabil Dan Habil Dalam Al-Qur’an: Telaah Hermeneutis

Siti Mariyatul Kiptiyah

Abstract


Abstrak

Tulisan ini membahas tentang bagaimana kisah Qabil dan Habil di dalam Al-Qur’an (S. Al-Ma’idah [5]: 27-31) dikaji secara hermeneutis. Dalam kisah ini Qabil diceritakan telah membunuh Habil, adiknya, sebab hanya persembahan Habil yang diterima oleh Tuhan, sementara persembahannya tidak diterima. Kajian ini dilakukan dengan tiga alasan. Pertama, penulis ingin mengangkat kembali kajian kisah dalam Al-Qur’an yang dianggap telah ‘final’, sehingga belakangan sepi peminat bila dibanding dengan kajian ayat-ayat sosial kemasyarakatan dan hukum. Kedua, penulis hendak merekonstruksi pemahaman terhadap kisah tersebut yang selama ini hanya dipahami sebagai kisah orang-orang terdahulu_dalam lingkup waktu dan tempat tertentu_dan untuk itulah cukup diyakini kebenarannya saja. Padahal, yang ditonjolkan kisah bukanlah semata-mata unsur benar atau tidaknya, melainkan pesan-pesan terdalamnya. Ketiga, alasan metodologis, di mana kajian tentang kisah terdahulu lebih banyak dilakukan dengan pendekatan historis, sehingga tidak lagi memperhatikan nilai-nilai universalnya, bahwa Al-Qur’an shalih li kulli zaman wa makan. Untuk itulah, penulis meminjam Hermeneutika Hans-Georg Gadamer sebagai pisau analisis dengan memfokuskan pada teori horizontverschmelzung (penggabungan horizon). Teori tersebut membantu dalam memahami kisah Qabil dan Habil dengan melibatkan horizon pembaca dan horizon teks. Dengan teori tersebut, makna kisah Qabil dan Habil bukan lagi tentang kisah pembunuhan pertama di dunia yang telah berlalu, melainkan dapat ditarik signifikansi maknanya yang universal-kontemporer, yaitu tentang konflik antar manusia dan solusinya.

Full Text:

PDF

References


Achmad. “Mutawalli al-Sya’rawi dan Metode Penafsirannya: Studi atas Surah Al-Ma’idah 27-34” dalam Jurnal Al-Daulah vol. 1 No 2, Juni 2013.

Al-Khalidy, Shalah. Kisah-Kisah Al-Qur’an; Pelajaran dari Orang-Orang Terdahulu, jilid III, cet.I, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Al-Qurthubi>, Muh}ammad bin Ah}mad al-Ansha>ri>. Tafsi>r al-Qurthubi>. Beirut: Da>r al-Maktabah al-‘Alamiyyah, 1971.

Arifin, Bey. Rangkaian Cerita dalam Al-Qur’an, cet.15. Bandung: Alma’arif, 1996.

Dricks, Jerald F. Salib di Bulan Sabit Dialog Antariman Islam-Kristen, terj. Ruslani, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Faiz, Fahruddin. Hermeneutika Al-Qur’an Tema-tema Kontroversial. Yogyakarta: Elsaq Press, 2005.

Fisher, Simon, dkk. Manajemen Konflik ketrampilan dan Strategi untuk Bertindak. Jakarta: British Council, 2000.

Gadamer, Hans-Georg. Truth dan Method, London: Continuum, 2004

Gusmao, Martinho G. da Silva. Hans-Georg Gadamer: Penggagas Filsafat Hermeneutik Modern yang Mengagungkan Tradisi. Yogyakarta: Kanisius, 2012.

K. Bertens, Filsafat Barat Abad XX Inggris-Jerman, Jakarta: Gramedia, 1983.

Katsir, Ibnu. Qishshah al-Anbiya’, terj. Didi Rosyadi, cet.1. Jakarta: Al-Kautsar, 2011.

Palmer, Richard E. Hermeneutika Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Saidurrahman, “Kisah dan Pandangan Orang-orang Yahudi terhadap Islam”, dalam jurnal Theologia, vol.25, no.2, Juli-Desember 2014.

Shihab, M. Quraish. Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah, cet. I. Jakarta: Lentera Hati, 2004.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Susan, Novri. Pengantar Sosiologi Konflik dan Isu-Isu Konflik Kontemporer, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Syamsuddin, Sahiron. “Hermeneutika Hans-Georg Gadamer dan Pengembangan Ulumul Qur’an dan Pembacaan Al-Qur’an pada Masa Kontemporer” dalam M. Nur Kholis Setiawan dkk, Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Qur’an dan Hadis (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2011.

Syamsuddin, Sahiron. Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Pesantren Leidecker, Nawesea Press, 2009.

Syari’ati, Ali. On the Sociology of Islam, terj. Hamid Algar, Yogyakarta: Rausyanfikr, 2012.

Wahyudi, Yudian. Ushul Fiqh versus Hermeneutika, Membaca Islam dari Kanada. Yogyakarta: Nawesea Press, 2007.

Zuhdi, M. Nurdin. Pasaraya Tafsir Indonesia: Dari Kontestasi Metodologi hingga Kontekstualisasi. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-dzikra.v13i1.2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Mariyatul Kiptiyah

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

    

Al-Dzikra [ISSN: 1978-0893, e-ISSN: 2714-7916] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Office: Gedung Dekanat Lama Lt. 2, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, KP. 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-dzikra/index, email: aldzikra@radenintan.ac.id

Creative Commons License
Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan al-Hadits is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.