PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20

Nanang Supriadi

Abstract


Geometri sebagai salah satu bidang kajian dalam materi matematika sekolah memperoleh porsi yang besar untuk dipelajari oleh siswa di sekolah. Dari distribusi penyebaran standar kompetensi untuk satuan pendidikan SMP, materi geometri mendapatkan porsi yang paling besar (41%) dibandingkan dengan materi lain seperti aljabar (29%), bilangan (18%), serta statistika dan peluang (12%). Namun demikian, penguasaan siswa dalam memahami konsep geometri masih rendah dan perlu ditingkatkan.

Pengajaran geometri di sekolah diharapkan memberikan suatu sikap dan kebiasaan sistematik bagi siswa untuk bisa memberikan gambaran tentang hubungan-hubungan di antara bangun-bangun geometri serta penggolongan-penggolongan di antara bangun-bangun tersebut, untuk itu agar dalam pembelajaran geometri siswa dapat memvisualisasikan, menggambarkan, serta memperbandingkan bangun-bangun geometri dalam berbagai posisi, sehingga siswa dapat memahaminya dibutuhkan sebuah model pembelajaran berbasis software komputer dynamic geometry software yaitu GeoGebra. Dengan bantuan software ini siswa lebih memahami konsep-konsep dalam geometri. Pertimbangan tentang penggunaan dynamic geometry software seperti GeoGebra dalam pembelajaran matematika, khususnya geometri, diantaranya memungkinkan siswa untuk aktif dalam membangun pemahaman geometri.

Pembelajaran geometri berbasis GeoGebra pada proses pembelajaran terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, selaian itu sikap kritis dan kreatif selama pembelajaran ditunjukkan siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran geometri berbasis GeoGebra berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis lebih baik dibandingkan hasil sebelumnya.


Keywords


Pembelajaran Geometris; Software GeoGebra; Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri dan Teori Van Hiele. [Online]. Tersedia: http://abdussakir.wordpress.com. (26 Januari 2011).

Asikin, M. (2002). Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. (Prosiding Konferensi Nasional Matematika XI).

Astuti, R. (2009). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching Dengan Pendekatan Metakognitif. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Dasari, D. (2009). Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa dan Upaya Meningkatkannya Melalui Pembelajaran Model PACE. (Prosiding Seminar Nasional Matematikan dan Pendidikan Matematika UPI).

Depdiknas. (2006). Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis Hasil Ujian: Materi Presentasi Sosialisasi KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Jiang, Z. (2008). Explorations and Reasoning in the Dynamic Geometry Environment. [Online]. Tersedia: http://atcm.mathandtech.org/. (12 Oktober 2010).

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritis dan Historis). Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kusumah, Y. S. (2008). Konsep, Pengembangan, dan Implementasi Komputer-Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Makalah disajikan dalam Pengukuhan Guru Besar Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Mulyasa. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Noer, S.H. (2010). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Nurhasanah, F. (2010). Abstraksi Siswa SMP Dalam Belajar Geometri Melalui Penerapan Model Van Hiele dan Geometers’ Sketchpad. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Nur’aeni, E. (2010). Pengembangan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Geometri Berbasis Teori Van Hiele. Disertasi pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Rahman, R. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Concept Siswa. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Reis, Z.A dan Gulsecen, F. (2010). The Effect Of GeoGebra Use In Mathematics Education: A Case Study On Integers In Turkey. Paper presented at Geogebra National Annual, New York. [Online]. Tersedia: www.geogebra.org. (2 Oktober 2010).

Rusmini. (2007). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Cabri Geometri. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Siregar, N. (2009). Studi Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Pada Kelas yang Belajar Geometri Berbantuan Geometer’s Sketchpad Dengan Siswa yang Belajar Geometri Tanpa Geometer’s Sketchpad. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Siregar, N. (2011). Pembelajaran Geometri Melalui Model PACE Berbantuan GEOGEBRA Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA (Doctoral dissertation, Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan)

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FPMIPA UPI. Tersedia.

Ulya, N. (2007). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Smp/Mts Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT). Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran Dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional). Bandung.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs

untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta.

Whidiarso, W. (2007). Uji Hipotesis Komparatif. [online]. Tersedia: http://elisa.ugm.ac.id/files/wahyu_psy/maaio0d2/Membaca_t-tes.pdf (27 Juni 2009).

.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20

Article Metrics

Abstract views : 2261 | PDF downloads : 1668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 al-jabar



 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.