The Differences of the Student Learning Outcome Using Realistic Mathematics Learning Approaches (PMR) And Contextual Learning Approaches (CTL) on the Sets Material

Nurina Kurniasari Rahmawati, Amah Amah

Abstract


This research aims to determine differences in learning outcomes of students who use Realistic Mathematics Learning (PMR) and Contextual Approach (CTL) approaches on the set Material. This research method is quasi experiment with posttest only control design. The sampling technique was used cluster random sampling with 2 experimental classes These are experimental class 1 (the class was treated with the Realistic Mathematics Education (PMR) approach and experimental class 2 (the class was treated with the Contextual Learning (CTL) approach The hypothesis test is used the t-test. The results of the research is found that there were differences between the student learning outcome in the set material using Realistic Mathematics Learning (PMR) approach and the student learning outcome in the set material using the Contextual Learning approach (CTL). Because the student learning outcome in the set material using Realistic Mathematics Learning (PMR) approach better than the student learning outcome in the set material using the Contextual Learning approach (CTL).


Keywords


Contextual Learning ; Learning Outcomes; Realistic Mathematics Learning.

Full Text:

PDF

References


Ardiawan, Y., Budiyono, B., & Subanti, S. (2013). Efektivitas Model Kooperatif Tipe NHT dengan PMR dan Model Kooperatif Tipe GI dengan PMR terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa.

Ariestuti, P. D., Darsana, I. W., & Kristiantari, R. (2014). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 3 Tonja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Asmara, B. A., Ngadino, & Lestari, L. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(4), 168–172.

Astuti, R. P. S., Yuanita, P., & Anggraini, R. D. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–13.

Camilah, D. S., Suharto, & Indah, A. (2014). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Membantu Siswa Mengatasi Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Bilangan Bulat Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Plus Miftahul Arifin Tahun Ajaran 2013/2014. Pancaran Pendidikan, 3(3), 31–40.

Chang, Y. L., & Huang, Y. I. (2014). A Study of Improving Eighth Graders’ Learning Deficiency in Algebra by Applying a Realistic Context Instructional Design. International Education Studies, 7(1), 1–8.

Damayanti, Y. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran NHT Dan TPS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Ekuivalen, 13(1), 70–75.

Daud, D., & Riau, U. (2015). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 017 Bagan Punak Meranti Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10.

Dewi, N. R. Y., & Rati, N. W. (2013). Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Penilaian Kinerja Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sangsit. Mimbar PGSD, 1.

Febri, Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2015). Penggunaan Model TGT Dengan Media Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil belajar. Jurnal Bioterdidik, 3(2).

Firdaus, Novita, R., & Khairunnisak, C. (2014). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bidang Datar Dengan Menggunakan Pendekatan CTL Di SMP Muhammadiyah I Banda Aceh. Visipena, 5(2).

Haloho, R. C. (2015). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Elementary Journal School PGSD FIP UNIMED, 3(2), 121–131.

Hanisah, Hamizi, & Erlisnawati. (2016). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II A SD Negeri 25 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–12.

Hermawan, I. P. E., Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD.

Julita, S., Marhadi, H., & Noviana, E. (2016). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 015 Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–12.

Jumiati, N, L., & Zulkifli. (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 029 Sungai Agas Kecamatan Kubu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–12.

Krismiati, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X SMA. Infinity, 2(2), 123–135.

Kurniawati, A., Suripto, & Warsiti. (2016). Penerapan Pendekatan CTL Dengan Metode Eksperimen Dalam Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya Kelas IV SD Negeri 2 Panjer. Kalam Cendikia Kebumen, 5(4).

Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wijayanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45–50.

Lusiana, R., Budiyono, & Sutanto. (2013). Efektivitas Pendekatan Quantum Learning dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Siswa SMP Di Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(2), 213–224.

Miftahurahmah, Marhadi, H., & Noviana, E. (2016). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 003 Sungai Manasib Kecamatan Bangko Pusako. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–16.

Mongan, A. L., A, M. A., & Alibasyah, L. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SDN Santingi. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5), 149–161.

Mustikahadi, V., Suyanto, I., & Chamdani, M. (2015). Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Peningkatan Pemahaman Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri 1 Karangtanjung Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 4(4).

Nugraeni, D. N., Triyono, & Budi, H. S. (2016). Penerapan Pendekatan CTL Dengan Media Benda Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Patemon Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 5(3).

Oktarina, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(1), 1–12.

Permatasari, S. W. E., & Muslim, S. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Standar Kompetensi Dasar Memasang Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 47–53.

Rahmayanti, F. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran CIRC Dan RME Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Ekuivalen, 13(3), 236–240.

Rohmaniar, Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik, 3(3), 1–13.

Safitri, A., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TSTS ) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik, 3(2).

Safitri, E., Wahyudi, & Warsiti. (2014). Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Siswa Kelas IV SD. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 3(2).

Samriani. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2), 56–74.

Septianawati, D., Budiyono, & Subanti, S. (2013). Efektivitas Penerapan Metode Diskusi Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Dan Pendekatan Quantum Learning (QL) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Pembelajaran Matematika, 143–152.

Suherman, S. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.

Suprihatin, S., Siswandari, & Sutarno. (2013). Pengaruh Pembelajaran Ekonomi Dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Mandiri, 2(1), 71–88.

Susana, D., & Zubir, A. (2014). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 17(1), 52–56.

Utari, V. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma Dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Wirama, M., Pudjawan, K., & Dibia, I. K. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Desa Penglatan Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Zainal, Z. (2017). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(1), 13–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v9i1.2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.