EVALUASI CSE-UCLA PADA STUDI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.46

Siska Andriani

Abstract


tandar proses merupakan salah satu standar nasional yang mengatur perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran. Pelaksanaan standar proses yang terjadi di lapangan belum terlihat keterlaksanaannya. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh deskripsi keterlaksanaan standar proses pada proses pembelajaran matematika menggunakan analisis CSE-UCLA di SMP Negeri Satu Atap Lerep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Sumber data utama adalah guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji credibility (triangulasi dan kecukupan bahan referensi), uji transferability, dan uji dependability.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika di SMP Negeri Satu Atap Lerep sudah mengikuti standar proses. Implementasi standar proses dengan analisis CSE-UCLA menunjukkan bahwa standar proses dilaksanakan melalui tahap  perencanaan, pengembangan, implementasi, hasil dan dampak. Dampak yang muncul pembelajaran yang terjadi tidak maksimal. Selain itu, banyak faktor yang mempengaruhi implementasi standar proses pada pembelajaran matematika di SMP Negeri Satu Atap Lerep. Faktor-faktor tersebut berupa faktor pendukung dan faktor penghambat.

Keywords


CSE-UCLA; Proses Pembelajaran Matematika; Standar Proses

References


Adu, N. & Boaduo, P. 2011. “Systematic Analysis and Interpretation of Collected Data For A Research Study: A Practical Methodological Framework For Writing Research Report”. Educational Research and Review, Vol 6. No(2) . Hal 140-146.

Akinoglu, O. 2008. “Primary Education Curriculum Reform in Turkey”. World Applied Science Journal Vol 3(2). Hal.195-199

Alkin, M, C. 1969. Evaluation Theory Development . Loc Angeles : UCLA CSE Evaluation Comment.

Anthony. G dan Margaret. W. 2009. ”Characteristics of Effective Teaching of Mathematics: A View from the West”. Journal of Mathematics Education, Vol. 2 No. 2. Hal 147-164.

Arikunto, S & Cepi, S. 2010. Evaluasi Program PendidikanPedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua . Jakarta : Bumi Aksara

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006a. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006b. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta : BSNP.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.

Bharvad, A. J. 2010. ”Curriculum Evaluation”. International Research Journal, Vol 1 Issue 12. Hal 72-74.

Bulut, M. 2007. “Curriculum Reform In Turkey A Case Of Primary School Mathematics Curriculum”. Eurasia journal of mathematics science & technology education, Vol 3(3). Hal 203-212.

Chapman, O. 2010. “Teachers’ Self-Representation in Teaching Mathematics”. J Math Teacher Educ. No.13 . Hal 289-294

Chapman, O. 2012. “Challenges in Mathematics Teacher Education”. J Math Teacher Educ , No.15 Hal 263-270.

Hamzah. 2009 . Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hilario, R. R. dan Wei, D. 2006. Elementary Mathematics Education Curriculum of Japan and the Philippines. Jepang : CiNii, National Institute of Informatics Scholarly and Academic Information Navigator.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran matematika. Malang: JICA.

Human Development Report. 2011. Sustainability and Equity: A Better Future for All . USA : United Nations Development Programme.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : ROSDA

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Musclich, M. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nyre, G F & Rose, C. 1979. “CSE, MO, and AA: Three Evaluatio Strategies”. POD Quarterly: The Journal of The Professional and Organizational Development Network in Higher Education, Vol.1 No.4. Hal 245-249.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profisionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : ALFABETA

Syaifurahman dan Ujiati. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Tim PISA Indonesia. 2011. Survei Internasianal PISA. Diakses pada tanggal 15 November 2012 melalui situs: http://litbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=215




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.46

Article Metrics

Abstract views : 1186 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.