PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT TIPE CLIMBER

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48

Rany Widyastuti

Abstract


Proses berpikir merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang dalam mengingat kembali pengetahuan yang sudah tersimpan di dalam memorinya untuk suatu saat dipergunakan dalam menerima informasi, mengolah, dan menyimpulkan sesuatu. Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah masalah matematika berbeda setiap individunya, salah satu faktornya adalah Adversity Quotient (AQ). AQ merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan. AQ terdiri dari 3 tipe, yaitu climber, camper, dan quitter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) tipe climber. Penyeleaian masalah matematika dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah Polya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket dan wawancara berbasis tugas. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi waktu dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa climber melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh.

Keywords


Adversity Quotient; Pemecahan Masalah; Proses Berpikir

References


Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Penerjemah: Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga.

Pangma, R., Tayraukham, S., dan Nuangchalem, P. 2009. Causal Factors Influencing Adversity Quotient of Twelfth Grade and Third Year Vocational Students. Journal of Social Sciences. 5 (4): 466-470.

Polya, G. 1973. How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method). New Jersey: Priceton University Press.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan (Educational Psychology). Penerjemah: Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Yansen Marpaung. 2005. Karakteristik PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Makalah Disajikan pada Seminar Rumpun MIPA di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta, tanggal 30 November 2005.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48

Article Metrics

Abstract views : 1667 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 1679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 al-jabar



 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.