MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF (BAEI) YANG TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN

Nanang Supriadi

Abstract


Pembelajaran dengan menggunakan buku ajar elektroniksemestinya memiliki nilai lebih dibandingkan dengan buku cetak biasa yang banyak beredar. Nilai lebih tersebut ada karena pemakaian BAE harus menggunakan alat bantu berupa komputer (PC), e-book reader, tablet,  maupun smartphone untuk membukanya. Dengan alat bantu yang digunakan, sepatutnya BAE mampu menampilkan simulasi-simulasi yang interaktif dengan ditambahkan fitur-fitur berupa video, animasi, suara maupun gambar. Buku ajar seperti ini dikenal dengan istilah Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI). Madrasah dan Perguruan Tinggi Islam dewasa ini mulai mengembangkan pengintegrasian ilmu-ilmu sains ke dalam nilai-nilai keislaman. Pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam buku ajar matematika setidaknya dapat tergambar dalam contoh soal, soal latihan dan soal ujian yang mengangkat masalah-masalah yang terjadi dalam perpekstif islam tanpa mengubah standar kompetensi yang terkandung dalam kurikulum yang telah ditetapkan.Visualisasi yang ditampilkan dalam BAEI yang dapat digerakkan dan diubah bentuk serta ukurannya, memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi dan observasi dengan mudah sehingga kemampuan koneksi matematis dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan.Penelitian ini merupakan penelitiankuasi eksperimen berdisain pretes-postes dengan tujuan menjawab permasalahan apakah terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar elektronik interaktif yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Subyek penelitian sebanyak 32siswa kelas XI, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes dan terdiri dari dua perangkat tes untuk kemampuan koneksi matematis. Hipotesis statistik dalam penelitian ini diuji menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar elektronik interaktif yang terintegrasi nilai-nilai keislaman.

Keywords


Bahan Ajar Elektronik Interaktif; Integrasi Nilai-nilai Keislaman; Kemampuan Koneksi Matematis

References


Borg & gall (1983), Educational research: An troduction Longman Edisi2 PenerbitMcKay University of Wisconsin – Madison.

Businskas, A. (2005). Making Mathematical Connections In The Teaching Of School Mathematics. Proceedings of the 27thannual meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education.

Conway P. F. (2006). Laptops Initiative for Students with Dyslexia or other reading and writing difficulties: Early Implementation Evaluation Report. Dublin: National Centre for Technology Education (NCTE).

Fisher, R. (1995). Teaching Children to Think. Hong Kong: Stanley Thornes Ltd.

Geller L.R., Chard D.J. Fien H. (2008). Making Connections in Mathematics: Conceptual Mathematics Intervention for Low-Performing Students. Remedial and Special Education. Volume 29 Number 1.

Henningsen, M. dan Stein, M. K. (1997). Mathematical Task and Student Cognition: Classroom Based faktors That Support and Inhibit High Level Thinking and Reasoning. Journal for Research in Mathematics Education. 28(1), 91-99.

Koohang, A. dan Durante, A. (2003). “Learners Perception toward the Web-Based Distance Learning Activities/Assignments Portion of an Undergraduate Hybrid Instructional Model”. Journal of Information Technology Education [Online], 2(2), 105-113.

Liwa Irrubai, (2004).Integrasi nilai-nilai kesilaman dalam pengajaran ilmu sosial dasar. Tesis, PPS UPI Bandung

Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conseptuan Learning Gain in Physics: A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. American Journal Physics. 70(2), 1259-1267

Mousley, J. (2004). An Aspect Of Mathematical Understanding: The Notion Of Connected Knowing. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Vol 3 pp 377–384

Mullis, I.V.S. et al. (2000). TIMSS 1999: International Mathematics Report. Boston: ISC.

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics, Reston, Virginia.

Nuryadin, Nurdin (2004:59). Pengembangan Multimedia Pembeljaran Matematika Interaktif Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang dalam Upaya Menumbuhkembangkan Kompetensi Siswa SLTP. Tesis, PPS UPI Bandung

Peterson, P.J. (1988). Teaching for Higher-Order Thinking in Mathematics: The Challenge for the Next Decade. Dalam D.A. Grouws, T.J. Cooney, & D. Jones (Eds.), Effective Mathematics

Teaching. Virginia: NCTM

Riedesel,C.A., Schwartz, J.E., dan Clements, D.H. (1996). Teaching Elementary School Mathematics. Boston: Allyn and Bacon.

Ruseffendi, E.T. (1994). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press.

Suherman. (2003). Evaluasi Pembelajaaran Matematika. UPI Bandung : JICA.E.T.

Suherman, E. dan Kusumah, Y.S. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijaya Kusumah.

Sudjana, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung, Cet. 3, hal. 239

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA Dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi pada Sekolah Pasca Sarjana UPI.: Tidak Diterbitkan

Sutiarso, S. (2000). Problem Posing, Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada seminar di Bandung: Tidak diterbitkan.

Stoney, S. & Oliver, R. (1999). “Exploring the Nature of Self-Regulated Learning with Multimedia”. The Journal of Computer-Enhanced Learning [on-line at:] http://imej.wfu.edu/

Walmsley, H. (2003). International Bright Young Things. Internet Magazine, March, pp.44, 45.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.