KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57

Suherman Suherman

Abstract


Pendidikan matematika selama ini tidak berhasil meningkatkan pemahaman matematika yang baik pada siswa, tetapi berhasil menumbuhkan perasaan takut, persepsi terhadap matematika sebagai ilmu yang sukar dikuasai, tidak bermakna, membosankan, menyebabkan stres pada diri siswa. Kreativitas dalam berfikir sangat mempengaruhi proses belajar. Kemampuan matematika bagi siswa dalam proses belajar selanjutnya maka masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dan sikap siswa terhadap matematika yang cenderung negatif perlu diupayakan pemecahannya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode tes. Validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dilakukan dengan cara memilih hasil pengerjaan siswa. Hasil reduksi yang telah dipaparkan, kemudian dipaparkan dalam bentuk analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mempelajari pola bilangan lebih menarik dan mudah jika menggunakan pendekatan matematika realistik. 2). Pembelajaran matematika realistik memperkenalkan masalah yang bersifat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. 3) Pembelajaran matematika realistik menekankan pada penanaman konsep pemahaman, kreativitas siswa dan poses nalar dalam matematika.


Keywords


Kreativitas; Pemecahan Masalah; Pendekatan Matematika Realistik

References


Enny Semiawan, S. Munandar, CU Munandar. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.

Galligan, Ann. 2006. Art, Culture and The National Agenda. The Journal of Creativity, Culture, Educational, and The Workforce, Vol. 28, no. 6, p. 20-21. Washington, D.C.

Hadi, Sutarto. 2003. PMR: Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna agi Siswa. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 27 – 28 Maret 2003. Available on line at: http://www.pmri.or.id/paper/index.php?main=1. Diakses pada 9 Agustus 2015 Pukul 21.25 WIB

Hadi, Sutarto. 2003. Paradigma Baru Pendidikan Matematika. Makalah disajikan pada pertemuan Forum Komunikasi Sekolah Inovasi Kalimantan Selatan, di Rantau Kabupaten Tapin, 30 April 2003. Available on line at: http://www.pmri.or.id/paper/index.php?main=3. Diakses pada 9 Agustus 2015 Pukul 21.15 WIB

Marpaung, Yansen. 2007. ”Matematika Horizontal dan Matematisasi Vertikal. ” Jurnal Pendidikan Matematika PPS Unsri, Volume 1, No.1, hal:1-20.

Noormandiri. 2004. Matematika SMA untuk Kelas XII Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.

Nursisto. 2000. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gamawidya.

Purwoto. 1996. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press.

Sobel, Max A. Maletsky, Evan. 2004. Mengajar Matematika: sebuah buku sumber alat peraga, aktivitas, dan strategi –Ed.3 — .Jakarta: Erlangga

Utami Munandar. 2004. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.

Zulkardi & Ilma, Ratu. 2002. Mendesain Sendii Soal Kontekstual Matematika. Article.Availableonlineat: http://www.pmri.or.id/paper/index.php?main=2. Diakses pada 9 Agustus 2015 Pukul 22.13 WIB




DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57

Article Metrics

Abstract views : 818 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 1502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 al-jabar



 

Creative Commons License
Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.