Pengaruh Komisaris Independen dan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Manajemen Laba Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia

Liya Ermawati, Nia Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh komisaris independen dan dewan pengawas syariah terhadap manajemen laba pada bank umum syariah di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian secara kuantitatif. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang bersumber dari catatan yang ada pada perusahaan dan dari sumber lainnya. Alat olah data yang digunakan untuk menguji data sampel penelitian yaitu SPSS 25 sebagai alat bantu untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komisaris independen yang diukur dengan membandingkan jumlah komisaris independen terhadap jumlah total dewan komisaris terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Dewan pengawas syariah yang diukur dengan jumlah rapat dewan pengawas syariah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu dari penggunaan variabel yang bisa mempengaruhi manajemen laba, terdiri dari variabel Dewan Komisaris Indpenden dan Dewan Pengawas Syariah sehingga dapat memberikan peluang bagi peneliti lainnya untuk melakukan penelitian yang sama dengan menambahkan variabel yang lainnya. Impilkasi Dewan komisaris independen dalam penelitian ini terbukti mampu mengurangi manajemen laba, maka diharapkan untuk mempertahankan agar dapat membatasi praktek manajemen laba dan semakin banyak jumlah rapat Dewan pengawas syariah maka akan semakin tinggi praktek manajemen laba.

Keywords


Komisaris Independen, Dewan Komisaris, Manajemen Laba

Full Text:

PDF

References


Ahadiah Agustina, Pengaruh Peran Komite Audit Dan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Earning Management Perbankan Syariah Di Indonesia tahun 2012-2015, (Tesis, 2018).

Danang Suntoyo, Metodelogi Penelitian Akuntansi, (Bandung: Refika Aditama, 2016),

Irham Fahmi, Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014).

Islahuzzaman, Istilah-Istilah Akuntansi dan Auditing ( Bumi Aksara, 2013 )

J.Supranto, Tehnik Sampeling Untuk Survey Dan Eksperimen, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007).

Maya Indriastuti. “Analisis Kualitas Auditor dan Corporate Governance Terhadap Maagemen Laba”. (Eksistensi ISSN 2085-2401, Vol. IV, No. 2, Agustus 2012).

Novi Lidiawati dan N.F. Asyik, “Pengaruh Kualitas Audit, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan terhadap Managemen Laba”. (Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, No. 5 Mei 2016).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Statistik Perbankan Syariah September 2018”. ( 2018).

Rahmawati, Teori Akuntansi Keuangan Edisi Pertama (Graha Ilmu: 2012)

Siti Nurjannah, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Komite Audit dan Dewan Pengawas Syariah terhadap Managemen Laba”. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Skripsi, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, Cet. Ke 21, (Bandung: Alfabeta, 2014),

Tulus Suryanto. “Manajemen Laba Pada Bank Syariah Di Indonesia: Peran Komite Audit Dan Dewan Pengawas Syariah”. (Kinerja, Volume 18, No.1, Tahun.20014).

Trisnawati, R., Arum S, N., Yuliani, P. K., & Azizah, A. W. (2019). Pengaruh, Free Cash Flow, Leverage, Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba Riil dengan Dewan Komisaris Independen sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Perode 2015-2017). Seminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019.

Agustina, A. (2019). Pengaruh Peran Komite Audit dan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Earnings Management Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis, 1(2).

Jaya, A. I., & Rasuli, M. (2020). Mekanisme Good Corporate Governance Dan Dewan Pengawas Syariah Pada Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Indonesia. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini, 2(1).

Arif, A., & Purwanto, A. (2020). Analisis Pengaruh Islamic Corporate Governance terhadap Manajemen Laba pada Bank Umum Syariah di Indonesia dan Malaysia. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 12(2).

Ash-Shiddiqy, M. (2019). Determinasi Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Terkategori Daftar Efek Syariah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 7(2, Oktober).

Azizah, J., & Erinos, N. R. (2020). Pengaruh Dewan Komisaris, Komite Audit, Dan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Perbankan Syariah. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI (JEA), 2(1).

Kodriyah, K., Suprihatin, N. S., & Octaviani, S. (2017). Peran Dewan Pengawas Syariah, Komite Audit dan Dewan Komisaris Dalam Mendeteksi Praktik Manajemen Laba. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Rahmawati, H. I. A. (2013). Pengaruh good corporate governance (GCG) terhadap manajemen laba pada perusahaan perbankan. Accounting Analysis Journal, 2(1).

Nurhayati, E., Yuliafitri, I., & Amrania, G. K. P. (2019). Analisis Pengaruh Islamic Social Reporting, Ukuran, Dan Jumlah Rapat Dps Terhadap Manajemen Laba Perbankan Syariah Di Indonesi. Banque Syar'i: Jurnal llmiah Perbankan Syariah, 3(1).

Indriastuti, M. (2012). Analisis kualitas auditor dan corporate governance terhadap manajemen laba. Eksistansi (ISSN 2085-2401), 4(2).

Novitasari, T., Hisamuddin, N., & Maharani, B. (2019). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Kualitas Auditor terhadap Manajemen Laba pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 18(2).

Intia, L. C., & Azizah, S. N. (2021). Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Dan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 7(2).

Oktaviani, H. D. (2016). Pengaruh ukuran dewan direksi, proporsi dewan, komisaris independen, dan ukuran komite audit terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI Tahun 2009–2014. Jurnal Akuntansi UNESA, 4 (2), 1, 24.

Eivana, E., Widiyanti, A., & Agustina, Y. (2018). The Effect Of Independent Commissioners, Managerial Ownership, And Audit Committee On Accounting Conservatism. JAR, 2(3).

Agustia, D. (2013). Pengaruh faktor good corporate governance, free cash flow, dan leverage terhadap manajemen laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 15(1).

Mokoginta, R. M., Karamoy, H., & Lambey, L. (2019). Pengaruh Komisaris Independen, Dewan Pengawas Syariah, Kepemilikan Institusional, dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Pengungkapan Tanggung-jawab Sosial pada Bank Syariah di Indonesia. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 9(1).

Agustin, I. & Filianti D., (2021). The Effect Of Corporate Governance And Financial Performance On Earnings Management Of Sharia Banking Pengaruh Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan Terhadap Manajemen Laba Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 8(4).

Mahdalena. Pengaruh Komposisi Dewan Komisaris Independen, Ukuran Dewan Pengawas Syariah, Ukuran Komite Audit Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Berdasarkan Indeks Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Umum Syariah.

Ningrum, R. A., Fachrurrozie, F., & Jayanto, P. Y. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan ISR. Accounting Analysis Journal, 2(4).

Ramadhani, F., Desmiyawati, D., & Kurnia, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2010-2014) (Doctora dissertation, Riau University




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mal.v1i1.5319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
Al-Mal: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.